Saat ini sudah sekitar 30-an film etnik dari berbagai daerah Indonesia siap menjadi peserta lomba, ya jumlah ini diperkirakan kian meningkat hingga menjelang pelaksanaan November 2015."
Biak (ANTARA News) - Kabupaten Biak Numfor, Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan festival film etnik Papua 2015.

Sekretaris panitia penyelenggara Jefri Simanjuntak di Biak, Selasa, mengatakan event festival film etnik merupakan wujud nyata mengangkat potensi budaya asli Papua di ajang nasional.

"Saat ini sudah sekitar 30-an film etnik dari berbagai daerah Indonesia siap menjadi peserta lomba, ya jumlah ini diperkirakan kian meningkat hingga menjelang pelaksanaan November 2015," ungkap Jefri.

Ia mengakui, untuk mendukung pelaksanaan festival film etnik akan hadir sejumlah artis nasional yang telah siap datang ke tanah Papua menghadiri acara event film etnik Papua.

Disinggung dengan dukungan pendanaan festival film etnik, menurut Jefri, siap dibantu pemkab dan Bupati Biak Numfor Thomas Ondy.

Pemkab sudah mengalokasikan dana bantuan untuk mendukung pelaksanaan film etnik Papua di Kabupaten Biak Numfor, menurut Jefri, sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam menunjang kegiagan seni bernuansa etnik Papua.

Tujuan festival film etnik, menurut Jefri, untuk mengangkat potensi budaya daerah dalam rangka menunjang program pariwisata dan kebudayaan asli Papua.

"Ya harapan kami pelaksanaan festival film dapat berlangsung sesuai jadwal dan mendapat dukungan berbagai komponen masyarakat nusantara di tanah Papua," harapnya

Berdasarkan data festival film etnik Papua 2015 melibatkan masyarakat adat dan menunjuk Ketua Komisi A DPRD Adolf Baransano sebagai ketua panitia pelaksana.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015