London (ANTARA News) - Mega bintang Real Madrid Gareth Bale terpilih kembali sebagai Pemain terbaik Wales untuk kelima kalinya sejak tahun 2010 pada seremoni yang digelar di Cardiff, Wales, Senin waktu setempat.

Mantan pemain Tottenhan Hotspur tersebut menjadi pemain terbaik Wales pada 2010, 2011, 2013, 2014, dan 2015. Sementara pada 2012 pemain terbaik Wales jatuh kepada gelandang Liverpool Joe Allen.

Bale meraih penghargaan setelah tampil apik pada kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan mencetak enam gol dan dua assist. Kerja keras Bale juga membawa Wales selangkah lagi ke putaran final kompetisi besar Piala Eropa yang tidak pernah dirasakan dalam 58 tahun terakhir.

Wales yang dilatih Chris Coleman hanya membutuhkan satu poin dari dua pertandingan kualifikasi melawan Bosnia-Herzegovina dan Andorra untuk lolos ke Piala Eropa.

"Lihatlah tahun lalu dan dia (Bale) mencetak sejumlah gol yang luar biasa bagi kami," kata Coleman dilansir dari AFP, Senin waktu setempat.

"Semua pemain telah melakukan hal yang luar biasa, namun dalam catatan saya, dia (Bale) layak untuk itu karena semua yang dia lakukan untuk tim ini," kata Coleman.

Coleman pun menganggap dengan adanya Bale, Wales menjadi salah satu tim yang disegani tim-tim besar Eropa pada Piala Eropa 2016.

Untuk itu, Coleman meminta Federasi Sepakbola Wales mengatur jadwal laga persahabatan melawan tim besar kendati Italia menolak tawaran pertandingan persahabatan itu.

"Kami mungkin bisa merayu Spanyol atau Jerman dan mencari tahu seberapa baik tim kami, tapi mereka tidak tertarik," kata Coleman. "Kami ditolak oleh satu-dua negara, dan Italia juga tidak ingin bermain melawan kami,"

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015