Tokyo (ANTARA News) - Saham-saham Tokyo melonjak pada pembukaan perdagangan Selasa, ketikan sentimen para investor didorong oleh keuntungan semalam di pasar luar negeri dan kesepakatan umum yang dicapai oleh 12 anggota pembicaraan perdagangan bebas Kemitraan Trans Pasifik (Trans-Pacifik Partnership/TPP) yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, pukul 09.15 waktu setempat, indeks Nikkei 225 melejit 350,68 poin atau 1,95 persen dari angka penutupan Senin menjadi diperdagangkan pada 18.356,17.

Indeks Topix dari seluruh saham papan utama di Bursa Efek Tokyo naik 25,11 poin, atau 1,72 persen, menjadi diperdagangkan di 1.489,03.
 
Peningkatan itu terjadi setelah pertemuan menteri-menteri perdagangan di Atlanta, Georgia, mengumumkan bahwa mereka mencapai kesepakatan ambisius TPP, mengakhiri perundingan sulit selama lima tahun yang dipimpin oleh Amerika Serikat.

Hasil itu juga diikuti kenaikan global lebih luas, dipicu spekulasi bahwa data-data perekonomian baru Amerika Serikat yang mengecewakan bisa mendorong Federal Reserve menunda rencana menaikkan suku bunga acuan sampai secepat-cepatnya Desember.

Seperti dilansir kantor berita AFP, ekspektasi-ekspektasi itu meningkatkan pembelian Dow Jones Industrial, mendorong indeks 304,06 poin atau 1,85 persen lebih tinggi menjadi ditutup 16.776,43.

Sementara para investor bertaruh Bank of Japan (BoJ), yang memulai kebijakan pertemuan dua hari pada Selasa, akan memperluas pelonggaran moneternya pada akhir tahun untuk mengamankan pemulihan ekonomi yang rentan di negara ekonomi terbesar ketiga dunia itu.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015