Jakarta (ANTARA News) - Qualcomm berhasil mengintegrasikan modem LTE X12 ke dalam prosesor terbarunya Qualcomm Snapdragon 820, yang menyajikan teknologi 4G LTE dan Wifi untuk perangkat mobile premium.

"Untuk layanan dengan kualitas yang tinggi membutuhan prosesor dan modem yang mendukung. Dengan modem LTE X12 meningkatkan performa 30 persen dan 20 persen power effisiency," kata Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia, di Jakarta, Selasa.

Modem LTE X12 dalam Snapdragon 820 menawarkan kecepatan LTE Advanced yang mendukung LTE Cat 12 downlink mencapai 600 Mbps, Cat 13 uplink mencapai 150 Mbps, dan satu carrier downlink LTE mencapai MIMO 4x4.

Modem LTE X12 juga memiliki terobosan fitur yang mendukung konektivitas di spektrum tanpa lisensi, 2x2 MU-MIMO 820.11ac, Multi-gigabit 802.11ad, LTE-U dan LTE + Wifi Link Aggregation (LWA).

Terobosan tersebut menghadirkan layanan komprehensif antar tipe koneksi yakni HD voice generasi baru dan video calling melalui LTE dan Wifi, serta kontinuitas panggilan antara Wifi, LTE, 3G, dan 2G.

Menurut Shannedy, dengan mengkombinasikan teknologi LTE dan Wifi, akan menghasilkan dua kali lipat kapasitas. Tidak hanya itu, dari segi kecepatan, juga akan jauh lebih cepat.

"Kedepannya kita bukan lagi ngomong voice call teknologi 3G, di Snapdragon 820 voice juga dikirim melalui LTE," ujar Shannedy.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015