Ambon (ANTARA News) - Penyanyi tenor dunia asal Italia Fabio Andreotti tampil istimewa dan memukau pada pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XI di Ambon, Selasa malam.

Antara Ambon melaporkan, Andreotti yang saat ini merupakan penyanyi tenor pertama di dunia setelah penyanyi Luciano Pavarotti yang juga berkebangsaan Italy wafat, tampil menggunakan jas hitam untuk menghibur 8.000 peserta Pesparawi dari 34 provinsi yang memadati stadion Mandala Remaja Karang Panjang Ambon.

Penyanyi klasik dunia tersebut tampil prima berduet dengan penyanyi Ambon Margie Sipahelut menyanyikan lagu "The Prayer" yang populer setelah dinyanyikan penyanyi dunia Celine Dion dan Andrea Bocelli serta Josh Groban.

Diiringi kemerduan suara suling bambu yang ditiup 100 peniup yang tergabung dalam Molucca Bamboowind Orchestra (MBO) pimpinan Rentje Alfons dan dipadu tabuhan tifa dan musik Islami hadrat, keduanya tampil prima dengan vokalitas yang dominan.

Penampilan duet Fabio Andreotti dan Margie Sipahelut didukung 250 orang penyanyi massal, yang merupakan gabungan kantoria dari berbagai gereja di Ambon sebagai backing vokal.

Penampilan duet Fabio Andreotti dan Margie Sipahelut pada ibadah akbar Pesparawi jelang acara kenegaraan yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut, disambut tepuk tangan meriah ribuan peserta Pesparawi maupun masyarakat Ambon yang memenuhi stadion terbesar di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Selain itu, penampilan Fabio Andreotti dan Margie Sipahelut menyanyikan "The Prayer" yang diciptakan komponis dunia David Foster dan dirilis ulang tahun 1999 tersebut, juga diiringi tarian 100-an penari yang merupakan gabungan dari sejumlah sanggar seni di Kota Ambon.

Kedatangan Fabio Andreotti atas undangan pemprov Maluku tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan penyelenggaraan Pesparawi lewat klasik sistem (Sistem bernyanyi dengan pendekatan teknik klasik), di samping sebagai wadah pembelajaran kepada para penyanyi klasik di Indonesia.

Fabio Andreotti juga akan tampil di hadapan Presiden Joko Widodo dengan mempersembahkan lagunya sendiri "Because We Belive".

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015