Solok Selatan (ANTARA News) - Dadi Suryadi mengincar "orange jersey" atau predikat pebalap tercepat ASEAN pada Tour de Singkarak (TDS) 2015 setelah hingga etape empat yang finis di Solok Barat, Selasa baru mampu menjadi pebalap Indonesia tercepat (red white jersey).

Peluang pebalap Pegasus Continental Cycling Team untuk merebut jersey yang saat ini dipegang oleh pebalap Singha Infinite Cycling Team Thailand, Ariya Phounsavath cukup terbuka karena selisih waktunya tinggal 15 detik. Saat ini Dadi membukukan total catatan waktu 12:40:47.

"Peluangnya tinggal disitu (orange jersey). Makanya saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk merebutnya. Mohon doanya," kata Dadi Suryadi usai menyelesaikan etape empat dari Sawahlunto menuju Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa.

Pebalap asal Sumedang Jawa Barat saat ini memegang posisi sebagai pebalap Indonesia terbaik setelah menggeser rekan satu timnya Aiman Cahyadi. Hasil ini dicapai setelah mampu masuk 20 besar pebalap yang finis terdepan etape yang cukup berat ini.

Peraih red white jersey pada TDS 2014 itu mengaku perjuangan untuk menyelesaikan untuk menyelesaikan etape empat ini cukup berat karena medan yang dihadapi menantang. Bahkan etape ini terdapat tanjakan tertinggi yang mencapai 1.400 mdpl.

"Etape ini sangat berat meski tahun lalu juga lewat sini. Kalau diperpanjang 10 kilometer lagi gak tau apa jadinya," katanya sambil tersenyum.

Dengan mampu menyelesaikan etape yang didominasi pebalap Iran itu, Dadi mengaku akan dijadikan modal untuk menghadapi etape kelima dari Harau menuju Ngalu Indah yang tidak kalah beratnya. Ada empat titik King of Mountain (KOM) yang harus dilalui yang salah satunya di Kelok Sembilan.

Demi memaksimalkan hasil, pihaknya akan terus bekerja sama dengan rekan satu timnya yaitu Aiman Cahyadi, Agung Ali Sahbana, Robin Manullang, Dani Lesmana dan Odie Setiawan. Apalagi peluang untuk menyodok tetap terbuka karena masih ada lima etape lagi.

Sementara itu pemegang Polkadot jersey atau raja tanjakan TDS, Arvin Moazemi dari Pishgaman Giant Team mengaku akan terus berupaya mempertahankan posisinya. Apalagi semua rekan satu timnya solid untuk saling mendukung untuk menjadi yang terbaik.

"Kerja sama tim berjalan dengan baik. Kami semua bekerja. Besok kami akan berusaha lebih baik lagi," katanya usai menerima Polkadot jersey.

TDS 2015 akan menempuh total jarak 1.300-an km yang terbagi dalam sembilan etape. Kejuaraan dengan total hadiah Rp2,5 miliar itu akan melewati 18 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015