Serang (ANTARA News) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten bekerjasama dengan 45 perusahaan di Banten menyiapkan sekitar 10.404 lowongan pekerjaan pada kegiatan "Job Fair" 2015.

Kepala Disnakertrans Provinsi Banten Hudaya Latuconsina di Serang, Selasa, mengatakan kegiatan pameran bursa kerja atau job fair tersebut akan dibuka secara umum untuk warga Banten pada tanggal 7-9 Oktober 2015 di halaman Masjid Agung Al-Bantani di kawasan pusat pemerintahan KP3B Palima Kota Serang, Banten.

Ia mengatakan kegiatan bursa kerja bertujuan untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja sehingga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja bisa memperoleh tenaga kerja sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai.

"Kita sifatnya hanya memfasilitasi dua kebutuhan itu. Yang satu mencari pekerjaan, yang satu mencari tenaga kerja," katanya.

Menurut Hudaya, bursa kerja juga untuk mengintegrasikan dan mengefisienkan pola rekrutmen tenaga kerja, baik bagi pencari kerja maupun perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Hudaya mengatakan, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu upaya pemerintah Provinsi Banten dalam upaya mengurangi angka pengangguran di Banten yang masih tinggi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 11 instansi yang membidangi ketenagakerjaan diantaranya Disnakertrans, BP3TKI Serang, BBLKI Serang dan delapan dinas yang membidangi ketenagakerjaan di kabupaten/kota se-Provinsi Banten.

Sedangkan perusahaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut sebanyak 45 perusahaan yang beroperasional di Banten dengan jumlah lowongan kerja yang disiapkan sebanyak 10.404 baik lowongan dalam negeri maupun luar negeri

"Nanti juga ada seminar atau talk show yang akan diisi oleh perusahaan peserta pameran bursa kerja dan menghadirkan Motivator," katanya.

Dari bursa kerja tersebut diharapkan perusahaan memperoleh tenaga kerja yang professional, berkualitas dan siap pakai sesuai kebutuhan perusahaan.

Kemudian pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, kualifikasi pendidikan dan kompetensi yang dimiliki.

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015