Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tidak mempermasalahkan rendahnya penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015.

"Tidak apa-apa. Tidak masalah kalau penyerapan tahun ini masih rendah. Yang pasti, tahun depan semuanya akan kita kejar, kita genjot lagi," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut Gubernur, penyerapan anggaran di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI akan ditingkatkan pada 2016 mendatang.

"Jadi, setelah seluruh lelang dan harga satuan pada tahun 2015 ini diperbaiki, penyerapan di semua SKPD akan kita tingkatkan. Lagi pula, saat ini juga kita masih tunggu kepastian mengenai APBD Perubahan (APBD-P) 2015," ujar Ahok.

Lebih lanjut ia mengatakan, Bappeda DKI telah menyerahkan dokumen draf APBD-P 2015 kepada Dirjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak 11 Agustus 2015.

"Draf APBD-P kita sudah diserahkan melalui Bappeda DKI kepada Kemendagri. Akan tetapi, sampai sekarang dokumen itu masih belum dikembalikan lagi ke kita, makanya kita tunggu saja," tutur Ahok.

Oleh karena itu, mantan anggota DPR RI Komisi II itu mengaku akan menanyakan kepada Kemendagri perihal proses evaluasi dokumen APBD-P DKI Jakarta Tahun Anggaran (TA) 2015.

"Nanti saya mau tanyakan langsung mengenai proses evaluasi APBD-P kita kepada Kemendagri supaya kita bisa tahu saja yang dikoreksi. Yang penting, kita sudah buat ringkasannya dan lain-lain," kata Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015