Jakarta (ANTARA News) - PT Aneka Tambang (Antam) menyatakan penjualan komoditas emas dan feronikel dalam semester I tahun 2015, mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Antam mencatatkan peningkatan kinerja penjualam yang signifikan dalam semester satu tahun ini dengan kenaikan volume penjualan komoditas emas dan feronikel masing-masing sebesar 180 persen dan 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Direktur Utama Antam, Tedy Badrujaman.

Pernyataan tersebut diungkapkan Tedy selepas acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu.

Setelah diaudit, kata Tedy, penjualan bersih Antam di semester I tahun 2015 meningkat 97 persen menjadi Rp7,85 triliun. Sementara itu laba kotor yang dibukukan Antam juga mengalami peningkatan sebesar 117 persen dibandingkan semester I 2014, menjadi Rp528,07 miliar.

"Selain itu dengan adanya beban lain-lain yang bersifat non kas, Antam membukukan rugi bersih di semester I tahun 2015 sebesar Rp359,99 miliar. Namun itu menunjukkan perbaikan dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp671,14 miliar," ujarnya.

Tedy juga mengatakan Antam terus mengacu pada prinsip kehati-hatian dalam melakukan investasi di tengah volatilitas harga komoditas yang terlihat dalam aktivitas investasi pada semester I tahun 2015 ini.

Pada semester I tahun 2015, Antam telah membelanjakan Rp801,23 miliar untuk keperluan investasi yang terdiri dari investasi rutin sebesar Rp100,31 miliar, investasi pengembangan Rp685 miliar dan Rp15,92 miliar untuk biaya ditangguhkan.

"Selama semester I tahun ini, kami berusaha melakukan efisiensi dalam penggunaan bahan-bahan untuk kegiatan operasional di unit bisnis serta negosiasi kontrak dengan pihak ketiga, sehingga berhasil menghemat Rp39,31 miliar," ujarnya.

Sementara itu, dalam semester I tahun 2015, Antam juga mengklaim telah melakukan upaya pengembangan perusahaan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian seperti dalam Proyek Perluasan Pabrik Feronikel Pomala (P3FP).

"Sehingga sampai Agustus 2015, progress Engineering, Procurement and Construction (EPC) proyek P3FP telah mencapai 95,18 persen," katanya menambahkan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015