Jakarta (ANTARA News) - Setelah melakukan uji coba selama berbulan-bulan, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan back up data dari aplikasi pesan ke Google Drive.

WhatsApp mulai menguji coba fitur tersebut pada April lalu di mana tidak semua orang dapat mengaktifkan fitur tersebut, hanya sejumlah orang yang memiliki versi tertentu. Namun, saat ini versi beta dari fitur tersebut sudah dapat digunakan.

Anehnya, pemberitahuan ini diumumkan oleh Google, bukan WhatsApp ataupun Facebook yang merupakan pemilik dari pesan instan itu.

Terlepas dari itu, saat ini seperti yang diharapkan, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua konten WhatsApp mereka ke layanan cloud Google, Google Drive Sehingga, ketika pengguna mengganti ponsel, mereka dapat mengunduh obrolan-obrolan mereka sebelumnya dari Google Drive dan menggunakan WhatsApp seperti pada perangkat lama.

Pengguna dapat memilih back up data untuk viedeo, history chat, pesan suara atau foto. Pengguna juga dapat memilih frekuensi penyimpanan data dari harian, mingguan, atau bulanan, atau bahkan "never" bagi pengguna yang tidak ingin menyimpan data.

Sayangnya, karena masih dalam versi beta, fitur tersebut diperkirakan akan benar-benar mendarat di ponsel pengguna awal 2016, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015