Amman (ANTARA News) - Liga Arab pada Rabu (7/10) menyatakan media di Dunia Arab memiliki peran besar untuk dimainkan dalam memerangi terorisme.

Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab Haifa Abi Ghazalh pada Rabu menyatakan, media di Dunia Arab mesti meningkatkan upaya mereka untuk mengungkap kelompok pelaku teror dan memerangi ideologi mereka.

Ia mengeluarkan pernyataannya menandai konferensi pan-Arab di Amman, Jordania, Rabu, mengenai peran media dalam menghadapi terorisme.

Dalam kegiatan itu, yang menarik pejabat dan ahli media dari Dunia Arab, para peserta mengatakan media di Dunia Arab mesti menahan diri dari pidato yang berisi kebencian, demikian laporan Xinhua

Ia pun menyatakan ideologi kelompok pelaku teror tak berkaitan dengan Islam.

Para peserta mengatakan kantor media tak boleh menjadi tempat untuk menebar benih hasutan di dalam masyarakat dan tak boleh menjadi landasan bagi penyeberan kebencian dan perpecahan.

Kantor media di Dunia Arab mesti melancarkan upaya aktif untuk menjelaskan citra sesungguhnya mengenai Islam, yang kini dibajak oleh kelompok pelaku teror, demikian antara lain isi salinan saran yang dikeluarkan dalam kesimpulan kegiatan dua-hari tersebut.

Para peserta menyeru media agar memperlihatkan identitas sesungguhnya mengenai kelompok pelaku teror dan mengungkap aksi kejahatan mereka.

Para peserta dalam acara tersebut, yang diadakan oleh Liga Arab dan Kantor Berita Jordania, Petra, membahas beberapa masalah yang berkaitan dengan cara media dapat memerangi terorisme.

(Uu.C003)


(T.C003/B/C003/C003) 08-10-2015 11:01:39

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015