Rabu, 20 September 2017

Robot humanoid versi 2 kuasai tiga bahasa

| 11.584 Views
Robot humanoid versi 2 kuasai tiga bahasa
Robot humanoid Aiko Chihira (kiri) menyapa pembeli di pintu masuk pusat perbelanjaan Mitsukoshi Tokyo, Jepang, Senin (20/4/2015). Toshiba Corp sedang mengembangkan versi kedua dari robot humanoid itu. (REUTERS)
Jakarta (ANTARA News) - Robot humanoid versi 2 yang dikembangkan oleh Toshiba Corp dirancang memiliki kemampuan trilingual, berbicara dalam bahasa Jepang, Inggris dan Tiongkok.

Setelah dikembangkan lebih lanjut, robot tersebut akan bisa merespons pertanyaan langsung dan  bercakap-cakap dengan turis menggunakan ketiga bahasa itu pada 2017.

Pada Desember robot akan mulai bekerja di stan pusat informasi wisata di Aqua City Odaiba, kompleks komersial di Minato, Tokyo, dan dijadwalkan bisa membantu turis asing pada Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Humanoid versi 2 dari Toshiba ini dirancang agar terlihat seperti perempuan berusia 20an akhir dengan tinggi 165 sentimeter.

Para pengunjung dapat memilih pertanyaan di layar sentuh dan sang pemandu akan menyediakan jawaban dengan mengoperasikan layar besar.

Selain menyediakan informasi mengenai toko-toko di kompleks komersial dan cara menuju ke sana, pemandu juga dapat menggunakan kemampuan verbal untuk menyampaikan informasi mengenai tempat wisata dan acara-acara di area Odaiba.

Proyek itu disubsidi oleh biro kepelabuhanan pemerintah metropolitan Tokyo, demikian seperti dilansir dari Asahi Shimbun.

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga