Ini bentuk perhatian pemerintah untuk para atlet yang telah membawa nama baik dan mengharumkan bangsa di kancah internasional,"
Malang (ANTARA ,  8/10 (Antara) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahwari mewacanakan pada tahun 2016 untuk memberikan dana pensiun bulanan seumur hidup kepada atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

"Dana pensiun bagi atlet tersebut dari seluruh cabang olahraga, khususnya cabang olahraga yang menang atau meraih medali di ajang olimpiade," kata Imam Nahrawi di sela-sela menghadiri pembukaan training camp Tim Garuda Aqua DNC di Batu, Jawa Timur, Kamis.

Menurut dia, sebenarnya tahun ini sudah diwacanakan, namun Menteri Keuangan RI tidak menyetujui kebijakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut, sehingga dana tunjangan pensiun dianggarkan mulai 2016.

Ia mengemukakan kekuatan APBN 2015 memang belum mumpuni untuk merealisasikan dana pensiun bagi atlet tersebut, meski sebenarnya banyak atlet Indonesia yang menyumbangkan medali untuk Indonesia di ajang internasional. "Masalah dana pensiun bagi atlet ini memang sedang dikeluhkan para olahragawan dan orang-orang yang terlibat dalam olahraga nasional. Oleh karena itu, kami akan realisasikan," ujarnya.

Menpora menambahkan, bukan hanya atlet olompiade yang akan mendapatkan dana pensiun, tapi juga atlet SEA Games, ASEAN Games, dan PON. "Ini bentuk perhatian pemerintah untuk para atlet yang telah membawa nama baik dan mengharumkan bangsa di kancah internasional," ucapnya.

Menyinggung pembinaan atlet sepak bola usia dini di Tanah Air, Menpora mengatakan sangat penting karena menentukan masa depan sepak bola nasional. Pemerintah menyambut baik dan mendukung Danone Aqua selaku penyelenggara Aqua DNC, sebab kompetisi ni berperan besar mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia untuk mengembangkan bakat olahraga mereka, khususnya sepak bola.

Nahrawi mengatakan kompetisi Aqua DNC telah membuktikan sebagai salah satu aset dalam investasi prestasi sepak bola nasional. Sebab, beberapa pemain yang lahir dari kompetisi ini sekarang membela klub profesional dan tim nasional Indonesia.

Dari Aqua DNC ini, lanjutnya, sudah menghasilkan bintang sepak bola, seperti Andi Vermansyah, Rasyid Bakri, Muchlis Hadi Ning, Evan Dimas, dan lainnya.

Sementara itu pimpinan Aqua Grup, Parmaningsih Hadinegoro menyatakan apresiasinya kepada pemerintah yang telah mendukung Aqua DNC. "Kami akan tetap konsisten menyelenggarakan Aqua DNC karena ini merupakan komitmen kami untuk terus memberikan inspirasi bagi anak-anak Indonesia. Selanjutnya jangkauan penyelenggaraan akan kami luaskan guna menggaet anak-anak berprstasi di cabang olahraga ini," ujarnya.

Tim Garuda Muda Aqua DNC yang diasuh Indra Syafrie itu bakal menjalani training camp di lapangan Kusuma Agrowisata, Kota Batu, untuk menghadapi final Piala Dunia Danone Nation Cup (DNC) 2015, di Marrakesh, Maroko.

Mereka bakal menjalani latihan selama sepuluh hari ke depan mulai 7-17 Oktober 2015. Sementara Piala Dunia DNC akan diselenggarakan bersamaan Festival Dunia DNC yang diikuti 31 negara pada 21-25 Oktober.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015