Malang (ANTARA News) - Pelatih Kepala AQUA Danone Nations Cup (DNC) Indra Sjafri menyatakan jika anak asuhnya mampu meraih kemenangan dalam putaran Final Kompetisi Dunia DNC 2015 di Maroko 21-25 Oktober mendatang adalah bonus bagi mereka, sebab yang terpenting adalah semangat untuk berkompetisi.

"Kompetisi tingkat dunia ini akan memberikan semangat luar biasa bagi anak-anak, apalagi berkompetisi dengan banyak negara. Ini akan jauh lebih berharga dari mereka, kalau yang lain-lain, termasuk juara itu adalah bonus bagi mereka," kata Indra Sjafri kepada wartawan di Batu, Kamis.

Menurut dia, bermain di Maroko nanti adalah pengalaman pertama bagi anak-anak untuk bermain di atmosfir pertandingan internasional, sehingga mental dan skil mereka harus benar-benar disiapkan. Dengan memoles kemampuan individu mapupun kerja tim nantinya, diharapkan para pemain muda tersebut akan mampu berlaga dengan baik pada pertandingan internasional tersebut.

Senada dengan Sjafri, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan bahwa para pemain tidak bisa dibebani dengan target menang dan juara, namun nilai pelajaran dan pengalaman itu yang akan membuat para pemain lebih berharga. "Ini adalah momentum untuk mengasah mereka pada pertandingan dunia. Kalaupun nanti hasilnya bisa menjadi juara, itu adalah bonus," ujar Nahrawi.

SSB Banteng Muda Malang yang mewakili Garuda Muda di ajang Aqua DNC 2015 itu mulai mempersiapkan diri dengan menjalani training camp di Batu, mulai 7-17 Oktober mendatang. Dalam training camp mempersiapkan putaran Final Dunia (DNC) menitikberatkan pada kemampuan individu dan kerja tim.

Training camp kali ini untuk memoles kemampuan individu, seperti passing dan dribling, pemahaman strategi, dan kemampuan team work seperti positioning, setplay, serta skema permainan.

Sementara itu Brand Director Danone Aqua Febby Intan mengatakan training camp diselenggarakan setiap tahun untuk menyiapkan tim berlaga di Final Dunia DNC. Mereka dilatih Indra Sjafri yang menggantikan Jacksen F Tiago. "Kehadiran Indra Sjafri sebagai pelatih kepala sangat tepat, karena pengalaman dan prestasi yang pernah ia raih," katanya Febby.

Tim banteng Muda Malang berhak mewakili Indonesia di ajang tuingkat dunia setelah menjadi yang terbaik di tingkat nasional setelah pada laga final Aqua DNC tingkat bnasional (7/6) mengandaskan SSB Batu Agung Kalimantan Selatan di GOR Soemantri Brojonegoro.

Gol tunggal Marcel Andra Kusuma yang mampu mengantarkan SSB asal Malang itu mengenggam tiket Aqua DNC tingkat dunia yang digelar pada 21-25 Oktober mendatang di Marrakesh, Maroko. Indonesia menghuni grup H bersama Kanada, Tiongkok dan Rumania.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015