Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Pusat memberikan penghargaan Upakarya Wanua Nugraha tahun 2015 kepada sepuluh kepala daerah yang dinilai berprestasi dalam melakukan pembinaan hingga mendorong munculnya inovasi.

Penghargaan untuk sepuluh kepala daerah yang terdiri empat gubernur, tiga bupati dan tiga wali kota tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di sela-sela membuka PIN I dan TTG Nasional ke-17 di Banda Aceh, Kamis.

Empat orang gubernur yang meraih prestasi tersebut adalah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera Barat dan Aceh.

Kemudian tiga bupati yakni Pacitan (Jawa Timur), Tanggerang (Banten) dan Siak (Riau).

Sementara untuk wali kota adalah Bengkulu (Bengkulu), Banjar Baru (Kalimantan Selatan) dan Ambon (Maluku).

Ada pun lomba inovasi teknologi tepat guna tingkat nasional 2015 juara pertama diperoleh Tri Waluyo asal SMK Negeri 2 Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dengan judul inovasi TTG alat penghemat BBM dengan teknologi pengkabutan.

Selanjutnya peringkat kedua ditempati Rezayanti Novia Putrika dkk dengan judul inovasi TTG kunci kendaraan berbasis teknologi android/bluetooth dari Institut Teknologi Indonesia Serpong, Kota Tanggerang Selatan, Banten.

Posisi ketiga ditempati M Arifin Dkk asal SMK Negeri 3 Kota Batam, Kepulauan Riau dengan judul inovasi TTG alat pengangkat galon pada gedung bertingkat.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015