Denpasar (ANTARA News) - Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan membuka kegiatan "Nusa Dua Fiesta" 2015 yang melibatkan ribuan seniman di kawasan Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, pada Jumat (9/10).

Ketua Umum Nusa Dua Fiseta (NDF) 2015 Ida Bagus Abdi di Nusa Dua, Kamis mengatakan ajang ini akan digelar selama lima hari (9-13 Oktober 2015)dengan menyuguhkan pameran, seni, budaya, dan kerajinan dari kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Ia mengatakan disamping itu manfaat lain yang diberikan adalah memberi kesempatan para seniman untuk terus berkreasi mengembangkan bentuk-bentuk kesenian baru yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, namun masih berakar pada budaya Indonesia.

Ida Bagus Abdi lebih lanjut mengatakan kali ini ajang NDF yang memasuki tahun ke-19, akan tampil beda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Dimana akan lebih menonjolkan selebrasi musik dengan menampilkan musisi-musisi ternama, baik dari level musisi-musisi nasional maupun internasional.

"Termasuk beberapa artis ternama yang akan membawakan lagu-lagu ber-genre classic rock. Untuk genre blues akan dimeriahkan dengan Sun Down Blues on Stage Battle," ujarnya.

Untuk sesi ini, akan tampil talenta-talenta musisi blues yang kemudian dipilih band pemenang untuk dapat tampil pada ajang "International Bali Blues Festival 2016". Juga akan hadir musisi top asal Bali yaitu gitaris I Wayan Balawan yang memiliki reputasi baik di nasional maupun internasional.

Nusa Dua Fiesta kali ini juga akan menampilkan DJ Kesha asal Inggris yang masuk dalam top 100 DJ di dunia.

Untuk Genre Reggae, akan hadir Afro Moses musisi top asal Australia serta musisi Reggae ternama tanah air Steven Jams.

Sedangkan kategori world musik, maka sosok instrumentalisi asal Bali yaitu Gus Teja yang kini sedang naik daun dan popularitasnya hingga sampai ke mancanegara juga ikut menyemarakan NDF 2015.

Tidak ketinggalan pula turut memeriahkan music celebration pada NDF kali ini adalah penampilan spesial dari band Crazy Horse, band Navicula, dan musisi ternama Judika yang akan membawakan lagu lagu hit classic rock.

Khusus untuk Music celebration pada hari Minggu dan Senin tanggal 11 dan 12 Oktobor 2015, akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp100 000 per orang, dan tiket terusan seharga Rp150.000 selama dua bagi Kegiatan Competition akan dimeriahkan dengan kegiatan "body painting, wedding make up competition, mixology competition, Nusa Dua latte art, Drone Phatography Competetion dan untuk kegiatan exhibition akan dimeriahkan oleh pameran motor antik serta pameran bonsai.

Untuk kegiatan cultural show akan ditampilkan parade budaya oleh hotel-hotel di kawasan Nusa Dua dengan mengusung tema "Love, Peace and Harmony". Disamping itu juga akan ditampilkan Patayana oleh AKARI (Asosiasi Kamaval Indonesia) Bali, Oratorium Kebo Iwa, Tari Krisna-Arjuna, serta tan kontemporer kolosal dengan tema "Mentari Pulau Dewata" yang digarap oleh seniman-seniman terbaik di Bali.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015