Kendari (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan cuaca buruk bagi nelayan dan pengguna jasa transportasi laut karena ketinggian gelombang laut dua hari kedepan akan mencapai dua hingga tiga meter.

Prakirawan BMKG stasiun Meteorologi Maritim Kendari Zainuddin, Jumat mengatakan, gelombang laut dengan ketinggian dua hingga tiga meter diperkirakan akan terjadi di Laut Banda Timur Sultra, Laut Banda Bagian Selatan, Perairan kepulauan Kei, Perairan Kepulauan Babar, dan Perairan kepulauan Sermata dan Kepulauan Leti.

Menurut Zumiana, sedangkan untuk ketinggian gelombang tiga hingga empat meter di perkirakan akan terjadi di perairan kepulauan Aru, Perairan kepulauan Tanimbar, Laut Arafuru bagian barat dan Laut Arafuru bagian tengah.

"Kami harapkan dan mengimbau para nelayan dan para pengguna jasa transportasi laut untuk lebih waspada mengingat gelombang laut sangat tinggi untuk dua hari kedepan," kata Zainuddin.

Lebih Lanjut Zainuddin mengatakan, untuk prakiran cuaca dua hari kedepan diwilayah kota Kendari dan sekitarnya diperkirakan cerah hingga berawan.

Arah mata angin pada umumnya dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan dua hingga 10 knot, Suhu rata-rata mencapai 27 Celcius dengan kelembapan udara mencapai 70 persen.

Ia juga berharap para nelayan senantiasa waspada dengan ketinggian gelombang laut sulit diprediksi dan berubah-ubah yang akan terjadi di dua hari kedepan.

Pewarta: Azis Senong
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015