Bukit Tinggi (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi rumah tempat kelahiran Proklamator Muhammad Hatta di Jalan Soekarno-Hatta No. 37 Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat.

Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi melihat setiap sudut rumah itu bersama putri Bung Hatta, Meutia Hatta, serta Penjabat Gubernur Sumatera Barat, Reydonnyzar Moenek.

Jokowi berharap Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta itu bisa menjadi tempat generasi muda mempelajari nilai-nilai dan filosofi Bung Hatta.

"Nilai-nilai yang berkaitan dengan kedisiplinan yang sangat ketat, kemudian kerakyatan, cinta pada rakyat kecil, itu yang betul-betul kita lihat," katanya.

Presiden juga mengatakan bahwa dia akan terus mengembangkan ekonomi kerakyatan dan koperasi yang juga merupakan warisan Bung Hatta.

Presiden mengatakan bahwa ekonomi kerakyatan dan koperasi sudah menjadi fokus kabinet kerja.

"Ya, saya kira itu yang menjadi konsen kita, tetapi memang kita harus berani me-reform total cara-cara kita mengembangkan koperasi, mengembangkan usaha mikro, kecil, tapi memang baru diproses," katanya.

Usai mengunjungi Rumah Kelahiran Bung Hatta, Presiden dan rombongan menuju Kabupaten Kampar, Riau, untuk meninjau penanganan kabut asap dengan jalan darat.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015