Jakarta (ANTARA News) - Kepala pusat data informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Singapura, Malaysia, Tiongkok, Australia dan Rusia siap membantu Indonesia dalam mengatasi bencana asap. Singapura bahkan mengerahkan helikopter angkut Chinook.

"Hingga saat ini baru pemerintah Singapura dan Malaysia yang menyampaikan bentuk bantuan dan persiapan pengirimannya," kata Sutopo kepada Antaranews melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat.

Pemerintah Singapura akan mengirimkan satu helikopter Chinook besera bumbi bucket yang mampu membawa air 5.000 liter pada Jumat (9/10) pukul 15.00 WIB dari Singapura langsung menuju Palembang.

"Selanjutnya pada pukul 16.00 WIB, akan diberangkatkan satu pesawat Hercules C-130 berisi 42 personil pemadam kebakaran dari Badan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF), kru dan peralatan," kata Sutopo.

Sedangkan Malaysia, kata Sutopo, sedang menyiapkan pengiriman satu pesawat Bombardier CL415 water bombing dan satu pesawat Hercules C-130 yang mengangkut awak, peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, dan satu helikopter kecil untuk survei dan memandu pemboman air.

Malaysia sudah mengirimkan permohonan flight clearance kepada Kementerian Luar Negeri yang akan dikirim 9 dan 16 Oktober 2015.

Bantuan dari Singapura dan Malaysia akan bergabung dengan tim Indonesia untuk memadamkan api dan asap di Sumatera Selatan.

"Saat ini pemerintah Indonesia sudah menempatkan kekuatan lima helikopter water bombing (MI-171, 2 unit MI-8, Bell-214, Bolkow), dua pesawat air tractor water bombing, dan satu Casa 212."

"BNPB akan menambah helikppter water bombing. Selain itu juga dikerahkan 3.694 personil tim gabungan dari TNI, Polri, BNPB, BPBD, Manggala Agni dan lainnya. TNI dan Polri akan menambah kekuatan untuk operasi di darat," kata Sutopo.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015