Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 21 pebulutangkis utama Indonesia akan bertanding dalam tiga turnamen di Eropa, yaitu Denmark Terbuka 2015, Prancis Terbuka 2015, dan Bitburger Bulu Tangkis Terbuka 2015.

"Persiapan pemain cukup baik. Para pemain yang berlaga akan berangkat ke Denmark pada 10 Oktober 2015," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Rexy Mainaky dalam konferensi pers di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Jumat.

Pada nomor tunggal putra ada Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, dan Andre Kurniawan Tedjono. Tommy dan Hayom bertanding di ketiga turnamen, sedangkan Andre hanya Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka.

Pada nomor tunggal putri, Indonesia mengutus Linda Wenifanetri dan Maria Febe Kusumastuti ke ketiga turnamen.

Untuk ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi berlaga di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka.

Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari akan mewakili Indonesia pada ganda putri di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka, sedangkan Pia Zebadiah Bernadeth/Variella Aprilsasi Putri Lejarsar akan turun di Prancis Terbuka dan Bitburger Bulu Tangkis Terbuka.

Pada ganda campuran, Indonesia mengirimkan empat pasangan, meliputi  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Tontowi/Liliyana akan bertanding di Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka, Praveen/Debby bertanding di ketiga turnamen, Riky/Richi untuk Denmark Terbuka, sedangkan  Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja di Prancis Terbuka dan Bitburger Bulu Tangkis Terbuka.

Rexy Mainaky menargetkan Indonesiajuara nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran di Denmark Terbuka 2015, serta  memberikan perhatian khusus pada ganda campuran.

"Praveen/Debby sudah cukup baik ketika berlaga di Thailand Terbuka, dan bisa menjadi back up bagi Tontowi/Liliyana seandainya mereka tidak bertemu di babak awal," kata peraih emas  ganda putra Olimpiade Atlanta 1996 ini.

Turnamen Superseries Premier Denmark Terbuka, Superseries Prancis Terbuka, dan Grand Prix Bitburger Bulu Tangkis Terbuka menjadi ajang pengumpulan poin bagi atlet-atlet Indonesia untuk merebut tiket ke laga Olimpiade Rio 2016.

Denmark Terbuka akan berlangsung di Odense pada 13-18 Oktober 2015. Para atlet kemudian langsung ke Paris untuk mengikuti Prancis Terbuka 20-25 Oktober 2015. Selanjutnya, mereka mengikuti Grand Prix Gold Bitburger Bulu Tangkis Terbuka di Jerman dari 27 Oktober hingga 1 November 2015.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015