Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto menempati posisi ketiga pada sesi latihan bebas menjelang berlangsungnya seri kesembilan lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Sochi Autodrom Rusia, 10-11 Oktober 2015.

Cep Goldia, Media Relations Rio Haryanto, dalam surat elektroniknya yang diterima di Semarang, Jateng, Jumat petang, menyebutkan dengan hasil ini semaki mempertegas peluang pebalap yang mendapat dukungan dari Pertamina ini untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak podium pada dua balapan yang akan dilaksanakan akhir pekan ini.

Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Campos Racing ini menyentuh garis finis pada posisi ketiga dengan catatan waktu 1:46.099, sedangkan rekan satu tim Rio yaitu pebalap Prancis Arthur Pic menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1:46025, posisi pertama ditempati pebalap tim ART Grand Prix Stoffel Vandoorne dengan catatan waktu 1:45.326.

Sirkuit Sochi Autodrom yang baru dibuka tahun lalu mengalami masalah melubernya diesel di beberapa bagian trek. Gangguan tersebut sebelumnya memaksa peserta kehilangan 30 menit dari sesi latihan pertama. Berbeda dengan F1 yang menyediakan durasi free practice 4 jam, hanya 45 menit diberikan bagi seluruh peserta GP2 untuk berlatih.

Sejumlah pebalap kesulitan mengitari lintasan di atas aspal lintasan dengan daya cengkeram rendah dan juga licin di beberapa titik. Mereka terlihat mengunci roda di zona pengereman atau bahkan harus melebar hingga hampir menabrak dinding pembatas.

Sementara itu, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut secara konsisten memperbaiki catatan waktunya seiring waktu tanpa membuat kesalahan.

Akhirnya, Rio membukukan lap time terbaik 1:46,099 yang cukup untuk menempatkannya di posisi ketiga. Pada stint pertama, Rio pun sempat berada di posisi kedua tercepat sebelum diambil alih oleh rekan setimnya asal Perancis, Arthur Pic. Setelah hasil yang menjanjikan ini, Rio mengincar waktu tercepat di babak kualifikasi untuk memulai "feature race" pada Sabtu (10/10) dari pole position.

Usai latihan bebas ini akan dilanjutkan dengan sesi kualifikasi untuk menentukan nomor star yang dimulai Jumat malam pukul 20.30 WIB.

Race pertama atau "feature race" dilaksanakan pada hari Sabtu (10/10) pukul 20.40 WIB dengan menempuh jarak 175,440 km atau selama 30 putaran, sedangkan "sprint race" dimainkan pada hari Minggu (11/10) pukul 15.05 WIB dengan menempuh jarak 122,808 km atau 21 putaran.

Seperti diwartakan sebelumnya, Rio Haryanto mengatakan bahwa Sirkuit Sochi Autodrom baru menggelar balapan GP2 tahun lalu dan saya banyak mempelajari racing line dari latihan di simulator. Kesempatan menyalip paling besar terdapat di tikungan kedua dimana mobil GP2 melaju dari sekitar 300 km/jam dan mengerem keras untuk menikung ke kanan.

"Tikungan ketiga sangat krusial bagi pebalap karena di sana ban kanan belakang akan sangat tertekan. Karakter sirkuit ini mirip dengan sirkuit jalan raya Valencia dengan tikungan-tikungan berkecepatan sedang yang mengalir. Terima kasih kepada para fans dan sahabat yang makin mendukung saya untuk tampil di F1 musim depan. Saya semakin bersemangat dalam perjuangan mengibarkan Merah Putih di tiga ronde GP2 Series yang tersisa," katanya. 

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015