Persoalannya keteladanan penyelenggara negara semakin hilang. Penyebabnya karena patriotisme penyelenggara negara semakin menurun,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota MPR dari Fraksi PDIP, Hamka Haq, mengatakan bahwa Pancasila akan menjadi benda mati jika tidak dilaksanakan masyarakat Indonesia, sedangkan pelaksanaannya, tergantung keteladanan penyelenggara negara.

"Persoalannya keteladanan penyelenggara negara semakin hilang. Penyebabnya karena patriotisme penyelenggara negara semakin menurun," katanya dalam Training of Trainers (ToT) 4 Pilar MPR di Tangerang, Jumat malam.

Hamka membandingkan patriotisme penyelenggara negara pada masa lalu dan masa kini. Pada 1945, seseorang berjuang keluar masuk penjara kemudian menjadi pemimpin.

"Kalau sekarang berjuang menjadi pemimpin, baru masuk penjara," katanya melalui keterangan tertulis MPR.

Menurut Hamka, karena patriotisme sudah hilang, maka jabatan dijadikan sebagai sumber penghidupan untuk memperkaya diri. Jabatan bukan sebagai bentuk pengabdian pada bangsa dan negara.

Pancasila, lanjutnya, harus dibiasakan dan dilaksanakan sehingga generasi muda dapat melihat generasi sebelumnya dan penyelenggara negara mengamalkan Pancasila.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015