Purworejo (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa membayar uang tebusan beras bagi warga sejahtera (rastra) sebanyak 94 KK rumah tangga sasaran di Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

"Kalau biasa bayar sendiri, kali ini saya yang bayar," kata Mensos di Kantor Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Sabtu.

Warga yang berada di kantor kecamatan menyambut gembira pernyataan Mensos tersebut sambil bertepuk tangan.

Sebanyak 1.927 KK di Kecamatan Bagelen menerima rastra dengan total jumlah sebanyak 28.905 kg. Sementara yang hadir pada penyaluran rastra ke-13 di kantor kecamatan sebanyak 94 KK dengan beras yabg dibagi sebanyak 1,4 ton.

Rastra ke-13 seharusnya dibagikan serentak pada September lalu, namun sebagian besar daerah belum menyalurkan dengan alasan belum menerima surat edaran dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tentang rastra ke-13.

"September kalau baru terima sekali maka Oktober ini disegerakan dua kali," kata Mensos.

Salah seorang warga penerima rastra, Sri Purwaningsih mengaku sangat senang tidak perlu mengeluarkan uang untuk menebus rastra kali ini karena dibayar oleh Mensos.

"Dibayarin ya senang, karena belum ada uang untuk menebus," kata Sri Purwaningsih yang memiliki tujuh anak.

Begitu juga dengan Sariyati, penerima rastra yang juga senang beras sebanyak 15 kg itu tidak perlu dibayar.

"Saya sudah siapkan uang tebus Rp24.000 tapi karena dibayar Ibu Mensos nanti uangnya untuk jajan anak sekolah," ujar ibu tiga anak tersebut.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015