Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR Zulkifli Hasan menghadiri acara himpun adat, pawai budaya dan sekura cakak buah serta pesta rakyat dalam rangka HUT ke-24 Kabupaten Lampung Barat.

Acara tersebut diselenggarakan atas undangan Raja Kerajaan Sekala Brak, Kerajaan Adat Kepaksian Pernong Yang Dipertuan Agung Edward Syah Pernong, di rumah adat/istana Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Liwa, Lampung Barat, Sabtu.

Dalam agenda acara yang disampaikan Pemkab Lampung Barat, Ketua MPR dan rombongan undangan berarakan menuju ke kediaman Raja Muka dan langsung menuju Gedung Dalom Kepaksian Pernong dengan berpakaian adat. 

Setelah ke kediaman raja, rombongan langsung menuju Islamic Centre Sekating Terpadu dan peletakan batu pertama Stadion Bumi Sekala Brak.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pawai budaya bersama rakyat yang berisi antara lain panggung pesta rakyat dan lomba rakyat sekura cakak buah (lomba rakyat panjat pinang dengan menggunakan topeng adat sekura).

"Ini adalah kunjungan kerja saya ke Lampung Barat menghadiri festival Kerajaan Sekala Brak yang ke-2. Kerajaan Sekala Brak adalah kerajaan tertua di Lampung," kata Zulkifli melalui keterangan tertulis MPR.

"Saya hadir karena sangat mengapresiasi budaya yang merupakan kekayaan bangsa kita yang harus dijaga dan dilestarikan. Dan saya sangat apresiasi raja kerajaan ini yakni Edward Syah Pernong yang sangat menjaga budayanya sedemikian rupa," sambungnya.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua KY, Menteri Desa PDT & Transmigrasi, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Irjen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bupati dan Wabup Lampung Barat.


Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015