Motegi (ANTARA News) - Pebalap San Marino Alex de Angelis harus dilarikan melalui angkutan udara ke rumah sakit setelah mengalami tabrakan keras pada latihan terakhir di MotoGP Jepang pada Sabtu, sebelum sesi kualifikasi yang dramatis menghasilkan Jorge Lorenzo untuk mengamankan start di posisi terdepan dengan mengungguli rival utamanya Valentino Rossi.

Pebalap 31 tahun De Angelis berada dalam kondisi sadar dan dapat bernafas sebelum dibawa ke rumah sakit, dengan timnya Ioda Racing ART Team Aprilia kemudian mengeluarkan pernyataan bahwa pebalapnya mengalami patah pada lima ruas tulang belakang dan tiga tulang rusuk.

"Alex De Angelis, yang tidak dapat mengingat karena cedera di kepalanya akibat kecelakaannya, akan dipindahkan ke Italia pada pekan depan," kata tim setelah sang pebalap menjalani pemindaian CAT.

Ioda menambahi bahwa De Angelis tidak menderita cedera tulang belakang.

Sang pebalap mengalami kecelakaan saat menjalani latihan bebas keempat saat ia memimpin sesi yang kemudian membuat bendera merah dikibarkan di Sirkuit Motegi, dan ia dibawa menggunakan helikopter ke Rumah Sakit Dokkyo di Mibu.

Tidak ada rekaman televisi yang memperlihatkan insiden itu, di mana De Angelis menunggangi salah satu sepeda motor paling tidak kompetitif di grid, dan hanya meraih dua angka pada tahun ini menyusul serentetan pengunduran diri.

Insiden itu memicu penundaan sesi kualifikasi, di mana Lorenzo menyingkirkan rekan setimnya di Yamaha Rossi untuk menguasai posisi start terdepan dengan keunggulan 0,081 detik.

Lorenzo tertinggal 14 angka dari Rossi di klasemen pebalap dengan hanya empat balap tersisa musim ini, namun ia berpeluang memangkas defisit di trek ketika ia memperlihatkan kemampuan terbaiknya dengan memuncaki semua sesi pada pekan ini.

Pebalap Spanyol itu menggunakan strategi dua kali stop, setelah pada akhir laju pertamanya, untuk mencatatkan waktu terbaik 1 menit 43,790 detik untuk mengungguli sang pebalap Italia, yang sempat berada di puncak catatan waktu beberapa saat sebelumnya ketika ia pun mencatatkan catatan waktu tercepat.

Ini merupakan keempat kalinya Lorenzo start dari posisi terdepan pada tahun ini, dan start satu-dua perdana bagi Yamaha di musim ini.

"Saya melakukan usaha maksimal dan ini adalah catatan waktu yang bagus," kata juara MotoGP sebanyak dua kali Lorenzo kepada para pewarta.

Rossi, yang mengincar gelar MotoGP ketujuhnya, optimistis ia dapat tampil lebih baik dari Lorenzo pada balap sebenarnya.

"Saya percaya diri untuk kualifikasi. Saya melakukan strategi yang bagus (dan) saya berada di tempat yang tepat. Saya sangat tidak sabar untuk besok. Saya dapat kompetitif dengan Jorge," tuturnya.

Juara bertahan Marc Marquez menduduki posisi start ketiga untuk Honda dengan catatan waktu 1:44,216.

Duet Ducati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone start di posisi keempat dan kelima untuk balap Minggu di mana rekan setim Marquez di Honda, Dani Pedrosa, melengkapi baris kedua. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015