Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Wales untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Euro meskipun pada laga tandangnya ke Bosnia Herzegovina, Sabtu waktu setempat, mereka kalah 2-0.

Meski menelan kekalahan pertama di Grup B, Wales memastikan lolos ke putaran final Euro 2016 karena pesaing utamanya dalam klasemen, Israel, kalah 1-2 dari Siprus.

Tuan rumah Bosnia Herzegovina mencetak dua gol ke gawang Wales melalui Milan Djuric dan Vedad Ibisevic pada 20 menit terakhir babak kedua untuk mengamankan kemenangan.

Bintang Real Madrid, Gareth Bale, tidak berhasil mencetak gol untuk Wales. Tendangannya pada babak kedua melenceng jauh dari gawang Bosnia. Sementara tuan rumah Bosnia terus menekan.

Pada 19 menit menjelang pertandingan berakhir, Pjanic mengarsiteki, mengirimkan bola dari tendangan bebas ke area penalti Wales, lalu pemain pengganti Djuric menyundul bola melewati kiper Wayne Hennessey dan gol.

Aaron Ramsey melayangkan tembakan voli terlalu tinggi ketika Wales mencoba membalas, sementara Bale mengirimkan umpan silang terlalu melebar.

Bosnia beberapa saat kemudian mendapatkan hadiah tendangan pojok. Pjanic yang menjadi penendangnya, melayangkan bola ke arah Djuric, yang kemudian menendangnya ke depan gawang Wales, untuk diteruskan dengan baik oleh Vedad Ibisevic dari jarak dekat untuk memastikan kemenangan Bosnia 2-0 atas Wales.    

Dengan kemenangan 2-0 atas Wales, Bosnia sekarang menempati posisi ketiga dalam klasemen Grup B dengan nilai 14. Wales yang berada di posisi kedua mengantongi 18, sedangkan pemuncak klasemen grup, Belgia, mengemas poin 20, demikian mengutip laman UEFA.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015