Roma (ANTARA News) - Pelatih Italia Antonio Conte targetkan kemenangan atas Norwegia pada laga terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2016 untuk menjaga posisi Italia sebagai juara grup H sekaligus terdaftar sebagai tim unggulan pada Piala Eropa di Prancis.

"Sekarang kami harus memikirkan pemulihan (menjelang laga melawan Norwegia)," kata Conte dalam situs resmi Federasi Sepakbola Italia setelah mengalahkan Azerbaijan 3-1, Minggu.

Kendati sudah mengamankan tiket putaran final, namun Italia masih bisa digeser dari puncak klasemen karena hanya berselisih dua poin dengan Norwegia di peringkat kedua.

Jika Norwegia berhasil mengalahkan Italia pada laga Selasa (13/10), maka Italia akan turun ke posisi kedua dan tidak termasuk dalam tim unggulan Piala Eropa 2016.

"Kami benar-benar ingin pergi ke Roma (melawan Norwegia) dengan satu tujuan yaitu untuk mendapatkan tiga poin kemenangan," tambah Conte seperti dikutip dari Reuters.

Dengan masuk ke tim unggulan maka Italia akan terhindar dari sesama tim besar seperti tuan rumah Prancis, juara bertahan Spanyol, dan Inggris di fase grup sehingga memudahkan langkah mereka di Piala Eropa 2016.

"Faktor tim unggulan memang agak aneh. Kroasia ada di atas kami dalam peringkat FIFA, namun kami ungguli mereka di klasemen grup (Piala Eropa). Ini adalah sistem yang sulit saya pahami," kata Conte.

Di sisi lain, Norwegia masih bisa akan turun ke peringkat ketiga (babak playoff) jika Kroasia yang memiliki 17 poin berhasil mengalahkan Malta pada Selasa lusa.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015