Kudus (ANTARA News) - Indonesia memastikan membawa pulang satu gelar melalui nomor ganda putri U-15 menyusul dua pasangan berhasil melaju ke partai final Blibli.com Badminton Asia U-17 dan U-15 Junior Championships 2015.

Pasangan Putri Larasati/Melanni Mamahit terlebih dahulu memastikan diri sebagai finalis, Minggu.

Mereka sukses menghentikan langkah wakil India, Gayatri Gopichand Pullela/Vaishnavi Reddy Jakka, pada semifinal yang digelar, Sabtu (10/10) petang.

Wakil Indonesia tersebut berhasil menang dua game langsung 21-17 dan 21-18.

Kemenangan serupa juga diraih duet Metya Inayah Cindiani/Indah Cahya Sari Jamil dalam drama tiga game kontra wakil Korea, Jeong Min/Lee Eun Ji.

Metya/Indah dipaksa lebih kerja keras dalam drama pertarungan tiga game.

Usai menang 21-19 di game pembuka, Metya/Indah terlihat akan segera menyelesaikan pertandingan ini saat mereka berhasil memimpin 20-18.

Namun, lawannya berhasil menang dengan 20-22 sehingga harus dilanjutkan dengan babak ketiga.

Pada laga penentu, Metya/Indah berhasil menutup pertandingan dengan 21-19.

Indah Cahya Sari Jamil di Kudus mengakui bahwa untuk mengalahkan wakil Korea harus berjuang ekstra keras. Apalagi di game kedua dia sempat kehilangan konsentrasi. "Saat lawan mengejar, kami justru semakin terbebani," ujarnya.

Di babak final, Metya/Indah sudah dinanti oleh pasangan Indonesia lainnya, Putri Larasati/Melanni Mamahit asal Exist. Keduanya pernah berjumpa di Piala Walikota Surabaya.

Indah mengaku kemenangannya di Surabaya akan menjadi modal baginya menyongsong partai final yang akan digelar hari ini (11/10).

Indonesia sebenarnya memiliki kesempatan untuk menciptakan All Indonesia Final di nomor ganda putra U-15.

Dwiki Rafian Restu/Bernardus Bagas Kusuma Wardana berhasil lolos terlebih dahulu ke final usai menghentikan Bing Kun Loo/Jhy Dar Ooi dari Malaysia dengan 21-14 dan 23-21.

Hanya saja, kemenangan tersebut gagal diikuti oleh Leo Rolly Carnando/Alan Darmasaputra Kristanto yang akhirnya dipaksa mengakui keunggulan pasangan Thailand, Setthanan Piyawatcharavijit/Kunlavut Vitidsarn.

Mereka menyerah 13-21 dan 19-21 atas unggulan teratas tersebut.

Selain tiga pasangan di atas, Indonesia juga berpeluang untuk meraih gelar di nomor tunggal putri U-17 melalui Sri Fatmawati, tunggal putri U-15 melalui Aldira Rizki Putri, ganda campuran U-17 melalui Alfandy Rizky Kasturo/Phita Haningtyas Mentari, serta Bagas Kristanto Nugroho di tunggal putra U-17.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015