Jakarta (ANTARA News) - "Dengan dukungan PT Pertamina Lubricants dan juga kendaraan saya dari Mitsubishi serta semua pihak yang turut mendukung kami, kami berharap dapat kembali tampil gemilang pada putaran keenam sampai akhir musim 2015 ini," kata Rifat, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Perjalanan Sungkar mengikuti Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015 mengalami pasang-surut. 

Dia mendapat dukungan dari PT Pertamina Lubricants melalui Pertamina Fastron dalam kejuaraan Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015, dimana pekan ini sudah memasuki putaran keenam.

Dia katakan, kemenangan terjadi karena hasil kerja sama tim yang solid baik itu kendaraan, manajemen maupun sponsor yang sangat mendukung, tanpa salah satunya maka hasilnya tidak akan maksimal. 

Pada putaran pertama yang berlangsung di Sirkuit Offroad Jhonlin Racing Batulicin, Kalimantan Selatan, Sungkar yang berpasangan dengan navigator, M Redwan, sempat mengalami kendala mesin sehingga tidak dapat menyelesaikan putaran pertama.

Pada putaran kedua, dia di posisi ketiga di kelas Free For All (FFA) yang berlangsung di Sirkuit Offroad Tembong Jaya, Serang, Banten.

Saat itu, Rifat bertarung di kelas yang sangat ketat persaingannya, Rifat terus menerus memperbaiki posisinya, sampai akhirnya berada di posisi tiga, di bawah juara FFA H. Samsudin dan posisi kedua yang ditempati Jhoni.

Semangat dan kerja keras kembali ditunjukkan Sungkar yang dinavigatori Redwan pada putaran ketiga Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad yang berlangsung di Sirkuit Offroad BSD City, Tangerang Selatan pada 13-14 Juni 2015 lalu.

Dia berhasil menjadi juara di kelas bergengsi FFA setelah menyelesaikan empat Special Stage (SS) atau Etape Khusus.

Selanjutnya, Sungkar berhasil meraih juara kedua di kelas G 6.4 dan juara ketiga di kelas FFA serta memboyong juara pertama untuk kategori kejuaraan umum pada ajang Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015 putaran empat yang, di Sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya, Serang, Banten pada akhir Agustus lalu.

Pada putaran kelima, Sungkar yang tetap berpasangan dengan Redwan berhasil meraih juara kedua di kejuaraan umum atau yang dikenal dengan Champ of the Champ.

Sungkar mencatatkan waktu 6 menit 33,407 detik, terpaut sekitar 4 detik dengan H. Samsudin yang meraih juara pertama dengan catatan waktu 6 menit 29,057 detik.

Putaran keenam akan kembali digelar untuk keempat kalinya di Sirkuit Taman Wisata Tembong Jaya, Serang, Banten akhir pekan ini. Masih tersisa satu putaran lagi dari tujuh putaran yang digelar pada tahun ini.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015