Jakarta (ANTARA News) - Ukraina mengamankan tiket play-off Piala Eropa 2016 kendati dikalahkan Spanyol 0-1 pada laga terakhir kualifikasi Piala Eropa grup C di Stadion Olympia Kiev Ukraina, Selasa dini hari WIB.

Spanyol berada di pucuk klasemen grup C dengan 27 poin dari 10 laga sementara Ukraina mendapatkan tiket play-off karena berada di peringkat tiga dengan 19 poin.

Pada jalannya laga, Spanyol berhasil unggul 1-0 di menit 21 ketika umpan Thiago Alcántara berhasil disundul bek Mario Gaspar.

Spanyol memiliki peluang dari tendangan penalti menyusul pelanggaran Olexandr Kucher terhadap Cesc Fabregas di menit 23.

Namun Cesc Fabregas yang menambil sendiri penalti tersebut gagal menambah keunggulan Spanyol karena arah bola yang menuju ke kanan gawang berhasil ditangkap Pyatov. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, Ukraina mengemas peluang melalui sepakan kaki kiri Andriy Yarmolenko dari sisi kanan pertahanan Spanyol, namun tendangannya masih melebar ke sisi kanan.

Sayap Spanyol, Nolito, juga memiliki kesempatan membobol gawang Ukraina jika sepakan kaki kanannya tidak melambung ke sisi kanan gawang pada menit 72. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Statistik Skysports mencatat Spanyol menguasai 62 berbanding 38 persen penguasaan bola dengan 10 tembakan akurat sementara Ukraina hanya tujuh sepakan.

Susunan pemain kedua tim nasional dilansir dari Skysports:

Ukraina (4-2-3-1): Pyatov, Fedetskiy, Kucher, Rakitskiy, Shevchuk, Garmash (Rybalka), Stepanenko, Yarmolenko, Rotan (Zinchenko), Konoplyanka, Kravets (Selesnyov)

Spanyol (4-3-3): De Gea, Mario, Etxeita, Nacho, Azpilicueta, Thiago, San Jose, Fabregas (Juan Mata), Isco, Alcacer (Busquets), Nolito (Jordi Alba).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015