New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir lebih tinggi pada Senin (Selasa pagi WIB), menjaga momentum positif dari reli pekan lalu meskipun saham-saham yang terkait minyak melemah.

Dow Jones Industrial Average naik 47,37 poin (0,28 persen) menjadi ditutu pada 17.131,86, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 naik 2,57 poin (0,13 persen) menjadi berakhir di 2.017,46, sementara indeks komposit Nasdaq bertambah 8,17 poin (0,17 persen) menjadi 4.838,64.

Para analis mengatakan volume perdagangan tipis karena liburan Hari Columbus di AS, liburan pemerintah yang menutup pasar "treasury" (surat utang atau obligasi pemerintah).

Indeks S&P 500 naik 3,26 persen pada pekan lalu mengirim kenaikan mingguan terbesar sejak Desember 2014.

"Ini tidak terlalu menarik," kata Michael James, direktur pelaksana Wedbush Securities. "Ini lebih tentang orang-orang mencerna langkah yang cukup bagus di pasar pekan lalu yang menarik banyak orang terkejut."

Saham-saham terkait minyak bumi turun menyusul penurunan besar dalam harga minyak. Anggota Dow, Chevron, kehilangan 0,9 persen, Schlumberger turun 1,9 persen dan Apache turun 3,3 persen.

Raksasa penyimpanan data EMC naik 1,8 persen didorong berita pihaknya akan diakuisisi senilai 67 miliar dolar AS oleh Dell, yang bertujuan untuk memposisikan diri sebagai pemimpin dalam komputasi awan dan bisnis teknologi yang berkembang lainnya.

VMware, perusahaan infrastruktur awan yang EMC kuasai sekitar 80 persen, turun 8,1 persen. Dell mengatakan VMware akan tetap independen, perusahaan yang diperdagangkan secara publik.

Produsen obat Eli Lilly merosot 7,8 persen karena berita bahwa perusahaan telah mengakhiri percobaan pengobatan penyakit jantung evacetrapib karena kurangnya efektivitas.

Saham-saham penerbangan lebih tinggi, dengan American Airlines naik 3,4 persen, Delta Air Lines naik 2,7 persen dan United Continental bertambah 3,8 persen. Delta dijadwalkan melaporkan labanya pada Rabu.

Perusahaan microblogging Twitter turun 6,8 persen, memberikan kembali beberapa keuntungan sejak pengumuman Senin lalu bahwa kepala sementara Jack Dorsey akan tetap sebagai kepala eksekutif. Twitter dilaporkan berencana mengurangi pegawainya minggu ini.

Perusahaan lainnya dengan keuntungan yang lebih besar termasuk raksasa Internet Tiongkok Alibaba bertambah 2,3 persen, Amazon naik 1,9 persen dan Priceline menguat 2,6 persen.

Pekan ini beberapa emiten besar dijadwalkan akan melaporkan hasil labanya, termasuk dari JPMorgan Chase dan General Electric.
(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015