Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital bernama I-Jakarta pada puncak Hari Anak Jakarta Membaca yang digelar di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang meresmikan peluncuran aplikasi tersebut mengapresiasi I-Jakarta yang diharapkan bisa meningkatkan minat baca warga Jakarta.

Aplikasi yang merupakan hasil kerja sama antara Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) dan PT Woolu Aksara Maya selaku pengembang dilengkapi dengan "e-book reader" atau perangkat membaca buku digital.

Gubernur yang akrab disapa Ahok tersebut mengatakan I-Jakarta bisa mempermudah warga mengakses buku yang berkualitas sekaligus sebagai saran menerbitkan buku digital.

"Ini bisa jadi promosi buku dari penerbit tanpa harus dicetak," kata Ahok.

Kepala BPAD DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan aplikasi I-Jakarta menyediakan ribuan judul buku yang bisa diakses oleh seluruh pengguna aplikasi secara gratis.

Buku-buku tersebut dari berbagai macam kategori seperti buku pelajaran sekolah, kuliah, ilmu pengetahuan umum, sejarah, biografi, dan buku-buku populer.

"Semua buku bisa diakses oleh seluruh warga Jakarta secara gratis," ujar Tinia.

Tinia juga menjelaskan jumlah judul buku yang ada di aplikasi I-Jakarta akan terus bertambah seiring pembaruan aplikasi.

Seluruh warga Jakarta bisa mengakses perpustakaan digital tersebut dengan mengunduh aplikasi I-Jakarta melalui ponsel pintar berbasis Android, iOS, dan Windows Phone.

Aplikasi I-Jakarta bisa digunakan dengan penggunaan akses internet (online) ataupun tanpa memerlukan layanan internet (offline). Aplikasi ini nantinya juga akan terintegrasi dengan Jakarta Smart City.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015