Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menambah koleksi Taman Pintar Yogyakarta dengan cetakan tangan dan kaki Presiden melengkapi cetakan dari Presiden RI pertama hingga keenam.

Tim Komunikasi Presiden, Sukardi Rinarkit dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa, memaparkan selain melengkapi koleksi yang ada, tujuan Presiden memberikan cetakan telapak tangan dan telapak kaki sebagai salah satu inspirasi bagi generasi muda.

"Bangsa yang besar perlu generasi muda yang sehat dan pintar, itulah sepenggal kalimat yang dituliskan Presiden Joko Widodo pada selembar kertas yang akan menjadi koleksi playground Taman Pintar Yogyakarta," kata Sukardi Rinarkit.

Sementara itu Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan pesan itu merupakan bekal tersendiri bagi masyarakat Kota Yogyakarta khususnya dan pengunjung Taman Pintar pada umumnya.

Untuk bisa mendengar dan melihat langsung apa bentuk dari tapak tangan dan tapak kaki presiden Indonesia yang ada saat ini, kata Suyuti di Istana Merdeka, Selasa 13 Oktober 2015.

Pesan, tapak tangan serta tapak kaki Presiden akan dibuat dalam bentuk perunggu dan ditempelkan di Taman Pintar. "Begitu menyentuh, baik itu tapak tangan maupun tapak kaki itu akan keluar suara mengenai pesan Bapak Presiden kepada masyarakat bangsa dan negara," ujar Suyuti.

Suyuti menjelaskan bahwa dengan adanya pesan, tapak tangan dan tapak kaki dari Presiden Jokowi melengkapi koleksi Taman Pintar dari Presiden pertama hingga ketujuh.

"Semuanya asli kecuali satu, yakni Soekarno selaku Presiden pertama," ujar Suyuti.

Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana ekspresi, apresiasi, kreasi sains yang terbaik se-Asia Tenggara. Taman Pintar selain mencerdaskan juga menyenangkan.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015