Ini ditengarai supir yang mengendarai mobil itu mengantuk.."
Jakarta (ANTARA News) - Tim penyidik KPK yang dimpimpin oleh Novel Baswedan mengalami kecelakaan lalu lintas di Kapupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat saat dalam perjalanan dalam rangka penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan (E-KTP).

"Ada tim penyidik kita yang mengalami kecelakaan di Dompu saat sedang melakukan cek fisik terkait penanganan perkara E-KTP, salah satunya memang Novel Baswedan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis.

Menurut Johan, kecelakaan itu terjadi karena sopir yang mengendarai mobil diduga mengantuk.

"Ini ditengarai sopir yang mengendarai mobil itu mengantuk dan kemudian terperosok ke sungai, dan sore ini semua tim kembali ke Jakarta," tambah Johan.

Menurut Johan tidak ada luka serius yang dialami oleh tim penyidik.

"Tidak hanya dari KPK tapi ada juga anggota BPKP yang ikut hanya ada kaca pecah yang mengenai salah satu penyidik kita. Ada dua orang yang luka, satu orang lukanya juga cukup parah di kepalanya," jelas Johan.

Dalam kasus ini, Sugiharto disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) subsider pasal 3 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 pasal 64 ayat (1) KUHP," tambah Johan.

Pasal tersebut mengatur mengenai setiap orang yang melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara, maupun setiap orang yang penyalahgunaan kewenangan karena jabatan yang dapat merugikan keuangan dan perekonomian negara. Ancaman pelaku yang terbukti melanggar pasal tersebut adalah pidana penjara maksimal 20 tahun denda paling banyak Rp1 miliar.

Pemenang pengadaan E-KTP adalah konsorsium Percetakan Negara RI (PNRI) yang terdiri atas Perum PNRI, PT Sucofindo (Persero), PT LEN Industri (Persero), PT Quadra Solution dan PT Sandipala Arthaput yang mengelola dana APBN senilai Rp6 triliun tahun anggaran 2011 dan 2012.

Pembagian tugasnya adalah PT PNRI mencetak blangko E-KTP dan personalisasi, PT Sucofindo (persero) melaksanakan tugas dan bimbingan teknis dan pendampingan teknis, PT LEN Industri mengadakan perangkan keras AFIS, PT Quadra Solution bertugas mengadakan perangkat keras dan lunak serta PT Sandipala Arthaputra (SAP) mencetak blanko E-KTP dan personalisasi dari PNRI.

PT. Quadra disebut Nazar dimasukkan menjadi salah satu peserta konsorsium pelaksana pengadaan sebab perusahaan itu milik teman Dirjen Adiministrasi Kependudukan (Minduk) Kemendagri yaitu Irman dan sebelum proyek e-KTP dijalankan, Dirjen Minduk punya permasalahan dengan Badan Pemeriksa Keuangan. PT Quadra membereskan permasalahan tersebut dengan membayar jasa senilai Rp2 miliar, maka teman Kemendagri pun memasukkan PT Quadra sebagai salah satu peserta konsorsium.

Program E-KTP ini secara nasional dilaksanakan dalam dua tahap yakni pada 2011 dan 2012. Tahap pertama dilaksanakan di 197 kabupaten/kota dengan targer 67 juta penduduk telah memiliki KTP elektronik. Namun, pada pelaksanaannya, terdapat masalah terkait ketersediaan dan distribusi perangkat yang dibutuhkan.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015