Johannesburg (ANTARA News) - Atlet paralimpiade Afrika Selatan Oscar Pistorius akan dibebaskan bersyarat hari ini atau tepat satu tahun setelah divonis lima tahun penjara karena membunuh kekasihnya Reeva Steenkamp.

Namun Pistorius harus menjalani tahanan rumah selama sisa tahannya dan masih harus menunggu banding kejaksaan yang menuntutnya bersalah karena melakukan pembunuhan.

Pistorius (28) yang dinyatakan bersalah dengan dakwaan lebih ringan ketika melepaskan empat tembakan ke sebuah pintu kamar mandi yang terkucni dan mengenai Steenkamp, akan ditahan di rumah pamannya, Arnold, di kawasan elite Pretoria.

Keluarga Steenkamp mengaku tidak puas atas hukuman yang dikenakan kepada Pistorius.

Tania Koen, pengacara keluarga Steenkamp yang menentang pembebasan bersyarat atlet itu, berkata kepada stasiun SABC pekan lalu: "Tak ada yang berubah dalam kehidupan mereka. Reeva tak bisa kembali."

Penuntut mendakwa pembunuhan karena Pistorius semestinya mengetahui bahwa siapa orang di balik pintu kamar mandi yang terbunuh itu. Sidang banding akan mulai 3 November.

Jika terbukti ini pembunuhan maka Pistorius minimal dihukum 15 tahun penjara.

Panel berisi lima hakim akan mendengarkan banding jaksa ini. Mereka bisa saja menolak banding ini, memerintahkan pengadilan ulang atau malah memvonis Pistorius sengaja membunuh kekasihnya itu, demikian para ahli hukum seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015