Jakarta (ANTARA News) - Film Cai Lan Gong mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai film bioskop pertama yang menggunakan smartphone dengan resolusi 4K, yakni smartphone Samsung GALAXY Note 4 dan GALAXY Note 5.




“Sejak awal naskah selesai, kami memiliki ide untuk membuat film ini dengan menggunakan smartphone. Dan setelah mencoba secara langsung, yakni membuatnya dengan smartphone Samsung GALAXY Note 4 dan GALAXY Note 5 yang memiliki teknologi 4K, ternyata sebuah smartphone dapat merealisasikan ide kami," kata Derryl Imanalie, salah satu Produser Cai Lan Gong dalam keterangan pers, Selasa.




“Dengan penghargaan yang diberikan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) hari ini kepada film Cai Lan Gong  menambahkan keyakinan bahwa kreatifitas kami untuk berinovasi telah  mendapatkan kepercayaan dan semoga kami bisa membangkitkan semangat generasi muda Indonesia untuk mewujudkan mimpi mereka”,  kata Derryl.




Sejarah perfilman dunia yang menggunakan smartphone sebagai kamera mencatat film Olive yang diproduksi tahun 2012. Namun film ini masih memiliki  resolusi HD (1.280 x 720 pixel), sedangkan film layar lebar Cai Lan Gong menggunakan smartphone dengan  resolusi 4K (3.849 x 2.160 pixel) yang memberikan hasil gambar yang lebih tajam.



 

Film Cai Lan Gong merupakan film yang diprakarsai oleh beberapa anak muda, yang mengambil kisah legenda Cina.




Film ini mengisahkan seorang anak perempuan yang harus menerima ilmu Cai Lan Gong yang sudah turun temurun dari sang kakek.




Dalam perjalanan menurunkan ilmu tersebut ternyata tidak mulus, berbagai tantangan terjadi didalam prosesinya.




Film Cai Lan Gong akan tayang perdana pada 22 Oktober di 25 bioskop 21 di  Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Palembang, Pontianak, Makasar, Manado. 







Key: cai lan gong, samsung



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015