London (ANTARAQ News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping tiba di Inggris, Senin untuk kunjungan kenegaraan selama empat hari pada saat Perdana Menteri David Cameron berusaha menjalin hubungan yang lebih erat dengan negara ekonomi kedua terbesar di dunia itu.

Xi bersama ibu negara Peng Liyuan melambaikan tangan saat menuruni anak tangga pesawat Air China serta mendapat rangkaian bunga selamat datang ketika tiba di bandara Heathrow.

Pasangan tersebut akan menjadi tamu Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, menghadiri andrawina dan mengunjungi kediaman resmi Cameron.

Kesepakatan-kesepakatan bisnis diperkirakan akan dilakukan dalam pertemuan tersebut, termasuk investasi Tiongkok dalam mendukung proyek tenaga nuklir di barat daya Inggris.

Kedua negara disebutkan mencapai "masa emas" tetapi kelompok oposisi mengecam Cameron karena mengizinkan peluang-peluang investasi yang dibayang-bayangi oleh catatan Hak Asasi Manusia (HAM) di Tiongkok.

Lawatan itu merupakan kelanjutan dari perjalanan Menteri Keuangan Inggris George Osborne ke Tiongkok bulan lalu, dimana ia mengatakan bahwa Inggris harus menjadi "sahabat dekat" bagi Tiongkok di Barat.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015