Jakarta (ANTARA News) - Bank Sampah Rosella, di Rawa Barat, Jakarta Selatan, membuktikan bahwa sampah ternyata bisa sangat berguna bahkan bisa disulap menjadi dekorasi pernikahan.

Selain itu, komunitas binaan Yayasan Unilever Indonesia tersebut juga melayani dekorasi untuk pesta ulang tahun dan acara seremonial.

"Kami membuat dekorasi pelaminan dari limbah domestik sejak 2010," kata Ketua Bank Sampah Rosella Endarwati, di Jakarta, Selasa.

Endarwati menjelaskan, dekorasi pelaminan dengan daur ulang sampah berupa hiasan untuk pelaminan yang dibuat dari hasil kreasi anggota Bang Sampah Rosella.

"Misal bunga mawar dikurangi, kami membuat dari sampah plastik daur ulang, dan hiasan pelaminan. Bahkan kami juga menerima orderan souvenir," jelas Endar.

Endar memberi contoh saat ini timnya sedang mengerjakan permintaan buah tangan untuk pernikahan berupa bros yang dibuat dari sisa kain perca. Bila dibandingkan dengan harga pada umumnya, bros berbentuk bunga mekar tersebut dihargai jauh lebih murah, hanya Rp1.000 per biji.

Selain berkontribusi pada lingkungan, Bank Sampah Rosella memang menyalurkan sampah non-organik untuk didaur ulang secara kreatif yang kemudian hasilnya akan dijual.

"Kegiatan ini turut meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota kami dari hasil daur ulang sampah menjadi tas, dompet, celemek, hiasan, dan dekorasi sehingga mereka menjadi lebih mandiri dan kreatif," tutur Endar.

Bank Sampah Rosella yang terbentuk sejak tahun 2009 telah memiliki 165 nasabah serta mengumpulkan hingga 150 kilogram sampah per bulan. Nasabah mereka tidak hanya dari lingkungan RW di kelurahan Rawa Barat tetapi juga dari warga di wilayah lain, bahkan ada nasabah dari Tangerang. Tidak hanya itu, siswa SDN 09 Rawa Barat pun menjadi nasabah tetap mereka.

Nasabah Bank Sampah Rosella memiliki buku khusus yang digunakan pada setiap transaksi atau penyetoran sampah. Uangnya dapat ditabung dan diambil manakala ada keperluan.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015