Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama menyelamati Justin Trudeau atas kemenangannya pada Pemilu Kanada dan berjanji untuk mempererat kerjasama antara kedua negara dalam bidang perdagangan dan perubahan iklim.

Obama dan pemimpin muda Kanada dari Partai Liberal itu "menyepakati pentingnya memperdalam hubungan Amerika Serikat-Kanada yang sudah kuat," kata  Gedung Putih.

"Mereka bertekad bekerja sama dalam mencapai kesepakatan iklim global yang ambisius dan berdaya tahan di Paris pada Desember."

Obama mendoakan yang terbaik bagi perdana menteri baru Kanada itu dan menantikan untuk bertemu dengan Trudeau di masa mendatang.

Gedung Putih telah dibuat frustasi oleh skeptisme iklim dari Perdana Menteri Kanada saat ini Stephen Harper, yang juga telah dilobi untuk jalur pipa lintas perbatasan Keystone.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest menyebut Kanada telah membuat komitmen yang substansial dan penting dalam memajukan pembicaraan iklim Paris. "Kami yakin mungkin ada upaya lebih lagi mengenai hal ini dari Kanada," kata Earnest seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015