Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama, Selasa (Rabu WIB), menyampaikan ucapan selamat melalui telepon kepada Perdana Menteri terpilih Kanada, Justin Trudeau, atas kemenangannya dan kedua pemimpin berjanji untuk mempererat kerjasama bidang perdagangan dan perubahan iklim.




"Obama dan pemimpin Liberal muda tersebut setuju mengenai pentingnya mempererat hubungan Amerika Serikat dengan Kanada yang sudah kuat tersebut," ujar pejabat Gedung Putih.




"Mereka berkomitmen untuk berkerjasama demi mencapai tujuan yang ambisius dan dalam jangka panjang yang telah disepakati dalam perjanjian iklim global di Paris pada Desember, " kata Gedung Putih.




"Presiden berharap kepada perdana menteri terpilih dan menantikan untuk bertemu dengannya di kesempatan lain."




Gedung Putih sempat merasa frustrasi dikarenakan keraguan mengenai masalah iklim oleh perdana menteri sebelumnya, Stephen Harper, yang juga melobi tentang pipa antar batas Keystone.




Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih John Earnest mengatakan, Kanada telah membuat komitmen substansial dan penting untuk melanjutkan dari diskusi mengenai iklim di Paris, namun mereka percaya bahwa Kanada mampu melakukan lebih baik mengenai hal tersebut, tambahnya.




Earnest mengatakan bahwa Gedung Putih benar-benar menghargai usaha Harper untuk membangun hubungan yang kuat antara Amerika Serikat dengan Kanada.




Menurut Gedung Putih, Obama dan Trudeau berkomitmen untuk memperkuat usaha bersama untuk menyebarluaskan pertukaran, termasuk pelaksanaan perdagangan bebas trans-Pasifik yang baru-baru ini disetujui.




"Obama berharap banyak kepada Trudeau dan menantikan pertemuan dengannya," ujar pejabat Amerika Serikat.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015