Jember (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai mendistribusikan logistik pemilihan umum kepala daerah berupa kotak dan bilik suara ke kantor kecamatan.

"Kotak dan bilik suara didistribusikan kepada 31 panitia pemilihan kecamatan (PPK) secara bertahap," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Ahmad Hanafi di Jember, Rabu.

Data di sekretariat KPU Jember tercatat kotak dan bilik suara yang sudah didistribusikan yakni ke PPK Jombang, Kencong, Jenggawah, Rambipuji, Puger, Wuluhan, Gumukmas, Kalisat, Sukowono, Mumbulsari, dan Arjasa.

"Hingga hari 11 kecamatan yang sudah menerima logistik pilkada berupa kotak dan bilik suara dengan jumlah sebanyak 1.517 kotak suara dan 4.518 bilik suara sesuai kebutuhan di masing-masing kecamatan," tuturnya.

Menurutnya, petugas mendistribusikan kotak dan bilik suara pilkada di tiga hingga empat kecamatan setiap hari, sehingga menggunakan kendaraan truk hingga dua unit.

"Sesuai jadwal distribusi kotak dan bilik suara di 31 kecamatan di Jember tuntas pada Kamis (29/10)," ucap Komisioner Divisi Sosialisasi yang juga mantan jurnalis itu.

Ia menjelaskan distribusi logistik pilkada dilakukan jauh-jauh hari secara bertahap, agar seluruh logistik bisa diterima oleh PPK yang akan diteruskan ke panitia pemungutan suara (PPS) hingga kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Kami berharap seluruh logistik dapat terdistribusi dengan baik, sehingga pelaksanaan Pilkada Jember yang digelar 9 Desember 2015 dapat berjalan lancar," katanya.

Pilkada Jember diikuti oleh dua pasangan calon kepala daerah yakni pasangan cabup-cawabup Sugiarto-Dwi Koryanto dengan nomor urut satu dan pasangan cabup-cawabup Faida-Abdul Muqit Arief dengan nomor urut dua.

KPU Jember menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum kepala daerah setempat sebanyak 1.892.435 orang dengan rincian sebanyak 935.935 pemilih laki-laki dan 956.500 pemilih perempuan.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang akan digunakan dalam Pilkada Jember pada 9 Desember 2015 sebanyak 4.347 unit yang tersebar di 248 desa/kelurahan.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015