Jika bisa dimanfaatkan dunia industri, maka hasil penelitian dari ITS akan menjadi produk anak bangsa yang mungkin akan bisa diakui di pasar internasional,"
Surabaya (ANTARA News) - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menargetkan masuk peringkat 500 perguruan tinggi atau universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings pada tahun 2017.

"Untuk mencapai target itu, kami sudah mempersiapkan langkah-langkah. Ini sekaligus sebagai usaha memenuhi harapan pemerintah yang meminta perguruan tinggi Indonesia bisa bersaing di tingkat global," kata Rektor ITS Prof Joni Hermana ditemui seusai melantik Senat Akademik ITS di Surabaya, Rabu.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan pihak ITS untuk bisa mencapai 500 terbaik dunia dengan mengkomersialkan hasil penelitian dari mahasiswa atau dosen supaya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat atau dunia industri.

"Jika bisa dimanfaatkan dunia industri, maka hasil penelitian dari ITS akan menjadi produk anak bangsa yang mungkin akan bisa diakui di pasar internasional," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, aspek yang lain juga harus didukung adalah reputasi akademik, reputasi pekerja, dan reputasi mahasiswa setiap fakultas serta berapa banyak fakultas bertaraf internasional, mahasiswa internasional, dan predikat setiap fakultas.

Untuk solusi jangka panjang, pihaknya mengharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah serta produk riset, peningkatan program-program internasional, hingga turut berkontribusi pada permasalahan bangsa.

"Kami sudah ditargetkan oleh Tim Peningkatan Reputasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) agar bisa masuk 500 universitas terbaik di dunia pada 2019," paparnya.

Dalam hal peningkatan target perguruan tinggi 500 terbaik dunia, sudah ada delapan perguruan tinggi asal Indonesia yang masuk peringkat 1.000 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Rankings.

Kampus itu adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Brawijaya.

Dari delapan perguruan tinggi tersebut, Universitas Indonesia berada pada peringkat 310 dunia dan 71 Asia, sedangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati peringkat 461 dunia dan 125 Asia.

Pewarta: Indra/Laily
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015