London (ANTARA News) - Ronald Noerjadi, pianis muda asal Indonesia, turut berlaga di Chopin Piano Competition ke-17 yang diselenggarakan dari bulan April hingga Oktober 2015 di Warsawa, Polandia.

Kompetisi bergengsi dunia tersebut kali ini diikuti sekitar 160 peserta dari berbagai negara, seperti Polandia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Hungaria, Italia, Ceko dan Swiss, demikian Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Warsawa Jorrie Andrean kepada Antara London, Kamis.

Beberapa negara memiliki banyak peserta hingga melebihi 20 peserta seperti Polandia, Korea Selatan dan Jepang.

Kompetisi ke-17 ini dimenangkan Seong-Jin Cho dari Korea Selatan, kemudian Charles Richard-Hamelin dari Kanada dan Kate Liu dari Amerika Serikat. Sementara pianis Indonesia harus terhenti di Ronde I di kompetisi yang diadakan semenjak tahun 1927 setiap lima tahun tersebut.

Dubes RI Warsawa Peter F. Gontha, mengapresiasi keikutsertaan pianis Indonesia di kompetisi Chopin dan diharapkannya akan makin banyak pianis Indonesia berpartisipasi pada kompetisi serupa sehingga masyarakat internasional khususnya Polandia mengetahui kemampuan dan bakat pianis Indonesia dalam membawakan musik klasik.

Ronald Noerjadi memulai karirnya sebagai pianis semenjak 12 tahun. Beberapa penghargaan telah disabet Ronald, antara lain pada tahun 2004 yaitu juara satu pada ASEAN Chopin Piano Competition di Malaysia.

Selain itu ia juga menjadi juara dua pada National Piano Competition for young pianist di Indonesia, tahun 2013 yaitu The Most Distinguished Pianist with Special Mention of talent dari IBLA Grand Prize di Italia dan salah satu finalis pada the 6th Rhodes International Piano Competition tahun 2014.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015