Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama akan melaksanakan evaluasi pelaksanaan haji 1436H/2015 secara nasional untuk terus meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia.


“Evaluasi penyelenggaraan haji rutin kami selenggarakan, rencananya pada 3-5 November 2015,” kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori di Jakarta, Kamis (22/10).

Menurut Ahda, evaluasi haji dilaksanakan lebih cepat, untuk memperoleh masukan tentang masalah maupun kendala yang terjadi pada penyelenggaraan haji tahun ini. Dengan demikian diharapkan masalah yang muncul pada operasional haji tahun ini  tidak terulang lagi.

"Yang menjadi kendala kita invetarisir, seperti masalah visa haji. Memang masalah ini karena penerapan e-hajj pada tahun pertama. Wajar kalau ada kendala sebagai sesuatu yang baru," kata Ahda seperti dikutip dari laman kemenag.go.id.

Meski demikian lanjut dia, seluruh jemaah haji Indonesia berangkat ke Tanah Suci. “Tidak ada yang gagal berangkat karena visa, kalaupun ada yang gagal berangkat, itu karena faktor lain seperti meninggal dunia atau sakit parah yang tidak mungkin berangkat,” ujarnya.

Ahda mengatakan, evaluasi haji akan diikuti peserta dari berbagai instansi terkait dengan layanan haji baik dari Kementerian Kesehatan, Perhubungan juga para Kakanwil dan Kabid Haji seluruh provinsi.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015