Situbondo, Jawa Timur (ANTARA News) - Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, direncanakan menghadiri Pengajian Kebangsaan, di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah, Sukorejo, Kabupetan Situbondo, Jawa Timur, Sabtu nanti. 

"Selain panglima TNI, insya Allah juga akan hadir Menteri Sosial, Khofifah Parawansa, dalam pengajian yang kami selenggarakan sebagai rangkaian memeriahkan Hari Santri ini," kata pengasuh Salafiyah Syafi'iyah, KHR Achmad Azaim Ibrahimy, kepada wartawan di Situbondo, Jumat.

Cucu dari ulama kharismatik almarhum KHR As'ad Syamsul Arifin ini mengharapkan kehadiran orang nomor satu di lingkungan TNI itu dapat menghadirkan kembali suasana saat resolusi jihad dikeluarkan oleh kiai Nahdlatul Ulama untuk mempertahankan kemerdekaan.

"Kami memiliki ikatan sejarah. Saat ada fatwa dari kiai mengenai resolusi jihad, santri dari kawasan bekas Keresidenan Besuki dan Madura juga berhimpun di Surabaya untuk ikut mengusir penjajah bersama dengan para santri dari daerah lain," katanya.

Selain menyampaikan materi mengenai semangat kebangsaan, katanya, Nurmantyo dan Parawanda juga akan mengisi acara diskusi dengan para santri. Kehadiran dua pejabat itu sangat penting untuk terus memupuk semangat kebangsaan para santri.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015