Jakarta (ANTARA News) - Pergelaran YouTube FanFest Indonesia pertama menghadirkan deretan artis YouTube baik internasional maupun nasional.

Dalam kesempatan tersebut artis YouTube lokal dan internasional tersebut berkolaborasi menciptakan konten-konten kreatif dengan menggunakan teknologi dari Hawlett-Packard (HP).

"Kami sangat mendukung anak muda yang ingin berkreasi. Oleh karena itu, kami menyediakan alat-alat dengan inovasi terbaru untuk memfasilitasi kreatifitas mereka yang salah satu jalannya diwujudkan dalam YouTube FanFest," kata Ellya, Market Development Manager HP Indonesia, di Jakarta, Jumat.

Salah satu YouTuber internasional, Kurt Hugo Schneider membuat kolaborasi video dengan sejumlah artis Indonesia antara lain Jakarta Beatbox.

"Teknologi sangat penting untuk membuat video karena kualitas video menentukan apakah video saya nantinya akan ditonton orang," ujar Kurt.

Senada dengan Kurt, Rando dari Jakarta Beatbox juga mengaku bahwa teknologi penting dalam efisiensi waktu pembuatan video YouTube.

"Sebenarnya membuat video YouTube tidak seribet membuat film, yang penting bagi kami adalah efisiensi waktu karena kami membuat video sambil kuliah," kata Rando.

"Yang membuat mudah adalah teknologi, kalau RAM-nya jelek, akan memperlambat proses editing maupun upload," sambung dia.

Rando sendiri menggunakan HP Pavillion x2, laptop 2-in-1 berlayar sentuh yang dapat digunakan sebagai tablet. Dengan perangkat tersebut memungkinkan Rando untuk mengedit video dengan mudah, di mana saja.

Dia juga mengaku terbantu dengan dukungan speaker dari Bang & Olufen, serta aplikasi metronom dalam perangkat tersebut yang menjadi panduan tempo saat dia bersama grupnya melakukan beatbox.

Tidak hanya HP Pavillion x2, HP juga menghadirkan perangkat lain diantaranya HP Envy 13, laptop tipis berukuran 12 mm, dan HP Spectre x360, laptop 13,3 inci dengan layar sentuh yang dapat diputar 360 derajat.

"Kedepannya produk-produk HP memang ditujukan untuk generasi milenial yang berusia 15 hingga 35 tahun," ujar Ellya.

"Untuk menunjang aktivitas mereka, semua produk kami dibekali dengan prosesor intel terbaru dengan perangkat wi-fi tercanggih yang lebih baik dibandingkan dengan produk terdahulu dan produk-produk lain di kelasnya," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015