Yogyakarta (ANTARA News) - Peserta Kontes Robot Pintar Yogyakarta yang digelar untuk kedelapan kalinya tahun ini oleh Taman Pintar Yogyakarta semakin bertambah dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya.

"Tahun ini ada 211 tim dari berbagai sekolah yang bersaing untuk menjadi yang terbaik. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding tahun lalu sebanyak 155 tim dan 2013 sebanyak 104 tim," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Sabtu.

Selain meningkatnya jumlah peserta dari DIY, jumlah peserta dari luar DIY juga mengalami kenaikan. Pada tahun ini terdapat 33 tim dari luar daerah seperti Magelang, Klaten, Cilacap, Wonosobo dan Semarang.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu 24-25 Oktober dalam lima kategori yaitu kategori senior diikuti 55 tim, junior 34 tim, expert 43 tim, umum 38 tim dan kategori untuk siswa SD sebanyak 41 tim.

"Sejak dua tahun lalu, kami membuka kesempatan kepada siswa SD untuk mengikuti kontes ini dan ternyata tanggapannya sangat luar biasa," katanya.

Selain peningkatan jumlah peserta, pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII juga terdapat sejumlah pembaruan khususnya bentuk sirkuit yang digunakan.

"Ada tambahan jumping circuit dan tiup api. Kami akan terus memperbarui sirkuit yang digunakan dari tahun ke tahun termasuk menambah kategori lomba yaitu untuk robot aktif," katanya.

Kontes Robot Pintar tersebut merupakan puncak kegiatan dari rangkaian kegiatan yang telah digelar sejak pertengahan tahun hasil kerja sama antara Taman Pintar Yogyakarta dengan Universitas Macquarie Australia.

"Kami melakukan workshop pembuatan robot yang dilanjutkan dengan pendaftaran peserta untuk mengikuti kontes ini," katanya.

Sebelum mengikuti kontes, robot dari peserta harus dikarantina selama dua hari, 22-23 Oktober.

"Harapannya, kegiatan ini bisa semakin memacu kreativitas dan kecintaan siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang teknologi robotik," katanya.

Kontes Robot Pintar Yogyakarta VIII memperebutkan piala bergilir dan sertifikat dari Kementerian Negara Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi serta piala tetap dari Wali Kota Yogyakarta.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015