Berlin (ANTARA News) - Arjen Robben kembali dari cedera dan menyumbang gol ketika Bayern Munich menang 4-0 atas tamunya Cologne pada Sabtu, untuk mencatatkan kemenangan ke-1.000 mereka di Liga Utama Jerman (Bundesliga).

Dengan tim peringkat kedua Borussia Dortmund baru akan menjamu Augsburg pada Minggu, pemuncak klasemen Bayern memaksimalkan peluang mereka untuk memperbesar celah menjadi sepuluh angka saat mereka mendulang kemenangan kesepuluh secara beruntun di liga musim ini.

Pasukan Pep Guardiola menjadi tim pertama yang mencatatkan 1.000 kemenangan di Bundesliga, ketika kapten Belanda Robben mencetak gol pada pertandingan pertamanya sejak Agustus, sedangkan Arturo Vidal, Robert Lewandowski, dan Thomas Mueller juga masuk dalam daftar pencetak gol.

Raksasa Bavaria itu bangkit dari kekalahan mengecewakan 0-2 dari Arsenal di Liga Champions pada Selasa -- kekalahan perdana mereka musim ini -- dengan penampilan meyakinkan.

"Ini semua untuk para pelatih, penggemar, pemain-pemain, dan karyawan-karyawan yang membuat kemenangan ini menjadi mungkin," kata Guardiola, yang timnya melepaskan 26 tembakan berbanding empat tembakan milik Cologne.

"1.000 kemenangan merupakan hal luar biasa."

Masuk dalam tim inti setelah pulih dari cedera pangkal paha, Robben mencetak gol pada menit ke-35 sebelum Vidal menggandakan keunggulan mereka lima menit kemudian ketika ia mengonversi operan Kingsley Coman dari sektor sayap.

"Saya tutur senang untuk dia," kata Guardiola. "Kami merindukan kualitasnya. Arjen memiliki profesionalitas, karisma, dan mentalitas, khususnya dalam situasi satu lawan satu."

"Ia masih memerlukan waktu, namun tidak seorang pun memiliki naluri mencetak gol seperti dia."

Penyerang Polandia Lewandowski mengokohkan posisinya sebagai pencetak gol terbanyak di liga ketika tandukannya berbuah gol pada menit ke-62 untuk menjadi gol ke-13nya dari sembilan pertandingan liga musim ini.

Mueller mengubah skor menjadi 4-0 pada menit ke-77 ketika ia mengonversi penalti setelah Lewandoswki dilanggar di kotak terlarang.

Wolfsburg tetap menghuni peringkat keempat berkat kemenangan 1-0 di markas Darmstadt, ketika Daniel Caligiuri mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-78.

Masih segar dari hasil imbang 4-4 mereka saat melawan Roma di Liga Champions pada Selasa, Bayer Leverkusen harus tertinggal 0-2 terlebih dahulu dari Stuttgart sebelum akhirnya mampu mengunci kemenangan 4-3, pada pertandingan yang berlangsung menarik.

Babak pertama berakhir tanpa gol, namun Stuttgart mampu unggul 2-0 melalui Martin Harnik dan Daniel Didavi.

Pemain sayap Jerman Karim Bellarabi mengubah skor menjadi 1-2 pada menit ke-57 sebelum gelandang Lukas Rupp mengemas gol untuk tim tamu dan menjadikan skor 1-3 pada menit ke-60.

Dua gol dalam rentang waktu dua menit dari bek Polandia Sebastian Boenisch dan penyerang Meksiko Javier Hernandez menyamakan kedudukan, sebelum penyerang Swiss Admir Mehmedi membukukan gol kemenangan pada menit ke-89.

Kemenangan in imendongkrak Leverkusen ke peringkat kelima, sedangkan Stuttgart tetap menghuni tiga terbawah.

Penyerang Nigeria Anthony Ujah mencetak dua gol ketika Werder Bremen menghentikan laju lima kekalahan beruntun mereka dengan kemenangan 3-1 di markas Mainz, di mana penyerang Jepang Yoshinoti Muto mencetak gol hiburan bagi tuan rumah pada menit ke-90.

Hasil ini mengangkat Bremen keluar dari zona degradasi dan naik ke peringkat ke-14, sedangkan Mainz turun ke peringkat ke-13.

Gelandang Marc Stendera menjadi pahlawan Eintracht Frankfurt melalui kedua golnya di babak kedua, saat mereka bangkit dari ketertinggalan dan menang 2-1 di markas Hanover 96, yang menghuni posisi di atas zona degradasi.

Hertha Berlin menduduki peringkat kelima setelah mereka menang 1-0 di markas tim Bavaria Ingolstadt pada Sabtu malam, ketika mantan gelandang Bayern Munich Mitchell Weiser mencetak gol kemenangan pada menit ke-11.

Hoffenheim menduduki peringkat kedua dari bawah setelah mereka kalah 0-1 dari Hamburg pada Jumat, melalui gol penentu kemenangan dari Pierre-MIchel Lasogga.

Bek Hoffenheim asal Bosnia Ermin Bicakcic diusir keluar lapangan karena menerima dua kartu kuning. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015