Mukomuko (ANTARA News) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengajarkan petani setempat cara membuat pakan ternak dari bahan baku pelepah tanaman kelapa sawit.

"Pelepah bisa diproses menjadi makanan ternak," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurngubaidi, kepada sejumlah petani, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, cara pembuatannya, pelepah kelapa sawit yang selama ini banyak dibuang digiling sampai hancur dan dari hasil penggilingan itu lah keluarnya bagian kecil dari pelepah sawit ini berupa mie instan.

Untuk mempercepat proses penggilingan pelepah kelapa sawit menjadi pakan ternak, katanya, dibutuhkan peralatan atau mesin penggilingan. tetapi bisa juga dengan cara manual.

Selain pelepah sawit yang bermanfaat, katanya, lidi di daun kelapa sawit bisa dibuat sapu dan berbagai kerajinan tangan yang layak dipasarkan.

Bagi petani sawit, katanya, kegiatan seperti ini dapat menjad pekerjaan tambahan mereka di waktu senggang setelah memanen tandan buah segar (TBS).

"Kegiatan tambahan ini juga dapat menambah penghasilan petani sawit," ujarnya.

Ia berharap, petani yang sudah mengetahui cara membuat pakan ternak dari pelepah kelapa sawit mengajarkannya kepada petani lain di daerah itu.

Karena, katanya, semakin banyak petani yang membuat pakan ternak maka semakin ketersediaan pakan ternak sapi, kerbau, dan kambing di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015