Yogyakarta (ANTARA News) - Bantuan Lembaga Orang Tua Asuh Kota Yogyakarta pada 2015 mulai menyentuh siswa SMP dan SMA/SMK setelah dalam dua tahun terakhir hanya diberikan untuk siswa SD.

"Tahun ini kami mulai memperluas pemberian bantuan, tidak hanya untuk siswa SD tetapi juga untuk siswa SMP dan SMA/SMK meskipun jumlahnya belum terlalu banyak," kata Sekretaris Lembaga Orang Tua Asuh (LOTA) Kota Yogyakarta Hadi Muchtar di sela pemberian bantuan di Yogyakarta, Senin.

Pada tahun ini, jumlah siswa SMP yang memperoleh bantuan sebanyak 140 orang dengan nilai bantuan Rp180.000 per siswa dan 10 siswa SMA/SMK dengan bantuan sebesar Rp240.000 per siswa. Sedangkan siswa SD yang memperoleh bantuan tahun ini tercatat sebanyak 410 siswa dengan bantuan sebesar Rp120.000 per siswa.

LOTA Kota Yogyakarta mulai memberikan bantuan kepada siswa kurang mampu di wilayah tersebut sejak 2013 dengan menggandeng sejumlah lembaga dan elemen masyarakat sebagai donatur. Berdasarkan komitmen pada 2013, ditargetkan terkumpul dana sebesar Rp493,6 juta namun baru terealisasi Rp310,6 juta.

Pada 2013, LOTA Kota Yogyakarta menyalurkan bantuan kepada 1.360 siswa SD kurang mampu dengan total bantuan Rp163,2 juta dan pada 2014 bantuan diberikan kepada 800 siswa SD dengan total bantuan Rp96 juta.

Berdasarkan pendataan awal, siswa yang mengajukan permohonan bantuan LOTA tercatat sekitar 8.000 siswa SD, 4.042 siswa SMP dan 3.817 siswa SMA/SMK.

"Bantuan baru menyasar sekitar 30 persen dari siswa yang membutuhkan. Namun, kami berusaha untuk terus menyalurkan bantuan setiap tahunnya." katanya.

Kriteria siswa yang memperoleh bantuan adalah siswa kurang mampu yang diusulkan oleh sekolah di tiap wilayah. Siswa yang sudah pernah memperoleh bantuan tidak akan memperoleh bantuan pada tahun berikutnya.

Bantuan dana hanya dapat dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan sekolah seperti tas, sepatu atau alat tulis. "Tidak boleh digunakan untuk membiayai kebutuhan di luar kepentingan sekolah," katanya.

Pada tahun ini, LOTA Kota Yogyakarta juga memberikan bantuan berupa seragam kepada Taman Kanak-Kanak yang dikelola Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Yogyakarta dengan nilai bantuan Rp15 juta.

Selain bantuan dari LOTA Kota Yogyakarta, siswa juga memperoleh kesempatan memperoleh bantuan dari LOTA DIY. Pada tahun ini, terdapat 280 siswa SD, 10 siswa SMP dan 20 siswa SMA/SMK di Kota Yogyakarta yang memperoleh bantuan dari LOTA DIY. Besaran bantuan yang diterima siswa sama seperti bantuan dari Kota Yogyakarta.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015